Cara Alami Mengatasi Mimisan di Masa Hamil

Cara Alami Mengatasi Mimisan di Masa HamilDUNIAKEBIDANAN.COM – Menderita mimisan di masa hamil memang sangatlah mengganggu bagi kesehatan.

Terjadinya mimisan disebabkan karena di masa kehamilan dapat menimbulkan pembuluh darah di hidung Anda semakin membesar dan pasokan darah yang meningkat akan mengakibatkan lebih banyak tekanan pada pembuluh-pembuluh halus sehingga menyebabkan pembuluh darah lebih mudah pecah.

Read More

Mimisan biasanya dapat terjadi pada saat Anda terkena pilek, infeksi sinus, atau alergi, maupun pada saat membran-membran di dalam hidung Anda mengalami kekeringan seperti pada saat Anda berada di tempat yang dingin, ruangan ber-AC, atau lingkungan kering lainnya.

Timbulnya mimisan juga dapat disebabkan karena trauma dan kondisi medis tertentu seperti mendapatkan tekanan darah tinggi atau mengalami gangguan pada penggumpalan darah.

 Cara Mengatasi Mimisan di Masa Hamil

• Pada saat hidung Anda keluar darah, duduklah, tegakkan kepala Anda, dan Anda harus menekan lubang hidung yang berdarah denagn waktu 5-10 menit.
• Sebaiknya pakai jempol Anda dan melengkungkan sisi jari telunjuk Anda, lalu cubit keras bagian lembut dari hidung Anda dan tekan ke arah wajah Anda.
• Setelah itu tahan sampai beberapa saat, walaupun Anda mungkin penasaran kalau mimisan sudah berhenti atau belum sebab jika Anda berhenti akan sangat menganggu proses pembekuan.
• Pakailah es batu untuk membantu menyempitkan pembuluh darah. Simpan kantong yang berisi es batu pada bagian atas hidung dan pipi. Jika dilakukan hal tersebut, jangan berbaring atau memiringkan kepala Anda kembali sebab hal ini akan membuat Anda menelan darah yang bisa mengakibatkan mual atau bahkan muntah.
• Jika saja mimisan tidak berhenti dalam waktu 10 menit dan hidung Anda tetap mengeluarkan darah yang lebih banyak maka Anda harus memakai bantuan medis. Sebaiknya ke dokter jika pendarahan tak berhenti setelah memberikan 20 menit tekanan.
• Anda membutuhkan evaluasi medis jika Anda menderita mimisan karena cedera di kepala, walaupun pendarahan hanya sedikit.

MENARIK:  Jarak Dua Tahun dapat Mengoptimalkan Kekuatan Otak Anak

Tips Menghindari Mimisan di Masa Hamil

• Sebaiknya Anda perbanyak minum air putih sehingga membantu selaput lendir Anda terhidrasi dengan baik.
• Buanglah cairan hidung secara perlahan-lahan sebab jika Anda membuang secara cepat dapat menimbulkan mimisan.
• Menjaga mulut anda terbuka saat bersin.
• Anda harus menghindari udara kering, khususnya di musim dingin. Jiika Anda sedang berada di daerah beriklim empat musim atau di iklim kering, nyalakan humidifier pada saat berada di dalam ruangan tapi jangan membuat suhu kamar tidur Anda terlalu panas.
•Jauhkan diri Anda dari penyebab iritasi seperti asap dan rokok.
• Pakailah jelly petroleum atau pelumas hidung yang berbasis air yang tersedia di apotek sebagai pelumas hidung agar lubang hidung menjadi kering.
• Gunakan penyomprot hidung atau decongestants bisa membantu mencegah mimisan. Tapi, jangan berlebihan memakainya karena dapat menyebabkan iritasi pada hidung Anda.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

cara buat alat coli,anak sd mulus,mulus sd,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,alat coli,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu