Tips Memberikan Pola Tidur Pada Bayi

Tips Memberikan Pola Tidur Pada BayiBagi para ibu, harus betul mengetahui bahwa bayi yang baru berusia di bawah 3 bulan biasanya ia memiliki aturan tidur yang tak teratur.

Nah, agar bayi Anda dapat tidur secara nyenyak dan bisa mempunyai jadwal tidur yang teratur, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Inilah tips yang bisa Anda lakukan untuk memberikan kenyamanan saat ingin menidurkan bayi Anda, diantaranya:

Loading...

Mengenali Tanda-Tanda Bayi Anda Sudah Lelah

Untuk bayi yang berusia enam sampai delapan minggu sering tidak bisa terjaga dalam waktu dua jam penuh. Kalau saja Anda keseringan terlalu lama membiarkan bayi Anda dan tidak langsung menidurkannya, maka ia biasanya mengalami masalah tidur. Beberapa tanda yang bisa terlihat dan Anda kenali langsung saat bayi Anda sudah memperlihatkan tanda-tanda kelelahan, yaitu ketika ia sedang menguap, mengucek-ucek matanya, menarik-narik daun telinganya, ataupun terlihat sangat rewel dari biasanya. Jadi, jika Anda sudah mendapatkan hal tersebut pada bayi, Sebaiknya Anda bisa melakukan untuk segera menidurkannya.

Ajari Perbedaan Siang dan Malam

Sangat sering bayi akan terbangun dimalam hari dan membuat Anda juga ikut terbagun bahkan hingga pagi. Jika Anda tidak menginginkan untuk bangun terus-menerus tiap tengah malam hanya karena bagi Anda rewel, mungkin Anda bisa coba ajarkan perbedaan antara siang dan malam. Bagaimana Anda bisa melakukan itu? Caranya, pada siang hari saat ia terjaga, Anda bisa mengajaknya untuk bermain dan buatlah ruangan menjadi lebih terang. Untuk di malam hari saat ia terjaga, usahakan tidak memberikan candaan atau bermain dan usahakan cahaya ruangan juga lebih redup dari biasanya.

MENARIK:  Askeb Bayi Kembar

Biarkan Bayi Anda Tidur dengan Sendirinya

Disaat Anda sudah melihat kalau bayi Anda sudah mengantuk, Anda bisa menidurkannya di atas kasur. Apa kegunaanya? Dengan cara itu bayi Anda bisa menciptakan kebiasaan tidurnya sendiri.

Buat Jadwal Tidur untuk Bayi Anda

Jika ingin menidurkan bayi Anda contohnya dengan cara bernyanyi untuk bayi Anda agar ia tahu bahwa disaat Anda menyanyikan sebuah lagu maka itu tandanya ia harus tidur. Cara lain yang juga Anda harus lakukan adalah Anda bisa memberikan ciuman sebelum tidur, dengan ciuman itu bayi anda bisa tahu bahwa itu merupakan waktunya untuk beristirahat. Cara-cara yang kelihatannya sepele ini mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk membantu mengatur jadwal tidur bayi Anda.

Loading...