Metode Induksi Persalinan Dalam Dunia Medis

Metode Induksi Persalinan Dalam Dunia MedisMetode induksi persalinan adalah cara untuk membantu ibu hamil dalam mempermudah persalinan. Hal ini ditempuh jika seorang ibu hamil yang hendak melakukan persalinan tidak dapat melakukan kontraksi saat hendak melakukan persalinan secara normal.

Pertimbangan lainnya mungkin karena seorang dokter atau bidan melihat jika persalinan tanpa induksi bisa membahayakan ibu atau bayinya.

Ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan seorang medis untuk menempuh cara induksi, misalnya umur ruptur membran, persalinan yang macet, tekanan darah tinggi atau adanya komplikasi kesehatan ibu lainnya.

Loading...

Untuk sebagian besar kehamilan tidak ada kebutuhan untuk “mendorong” persalinan, yang berarti bergerak ke depan melalui cara-cara buatan. Namun ada beberapa situasi di mana dokter akan meminta induksi karena menunggu persalinan terjadi sendiri mungkin tidak aman bagi bayi atau ibu. Beberapa alasan untuk menginduksi persalinan termasuk Metode Mendorong Persalinan

Tapi sebelum dokter memutuskan untuk menginduksi persalinan, anda mungkin mendengar pembicaraan tentang nilai bishop anda. Bishop adalah sistem penilaian yang membantu dokter menilai apakah persalinan harus diinduksi dan jika induksi akan berhasil.

MENARIK:  Menindak Perilaku Buruk Balita

Sistem penilaian ini mengukur dilatasi, penipisan, konsistensi, dan posisi serviks serta posisi janin. Jika tanda-tanda mengarah ke kebutuhan untuk menginduksi persalinan, dokter anda mungkin menggunakan berbagai teknik, termasuk:

Stripping membran (pelepasan selaput ketuban)
Meskipun metode ini tidak terbukti menginduksi persalinan per se, kadang-kadang digunakan untuk mempersiapkan wanita untuk persalinan dengan cara menyisipkan jari dokter ke leher rahim anda untuk memisahkan bagian dari kantung ketuban dari rahim.

Tindakan ini ditempuh dengan melepaskan beberapa hormon prostaglandin yang bisa melunakkan leher rahim anda. Dan cara Ini mungkin cukup tidak nyaman atau menyakitkan bahkan mungkin memiliki beberapa bercak sesudahnya.

Gel prostalgin
Gel ini mengandung hormon prostalgin yang diterapkan secara langsung ke leher rahim anda dengan tujuan untuk melembutkan leher rahim anda.
Penerapan gel memang menyakitkan dan beberapa wanita mengalami iritasi ringan atau kram sesudahnya. Bagi beberapa wanita penggunaan gel ini biasanya sudah cukup untuk memulai kontraksi dalam beberapa jam.

Pemecahan ketuban
Jika ketuban anda belum pecah dokter mungkin melakukan amniotomi (merobek kantung ketuban ) dengan menggunakan alat pengait khusus.Setelah cairan ketuban anda mengalir, kontraksi harus dimulai jika ibu hamil belum melakukannya.

MENARIK:  Faktor Resiko Selama Kehamilan

Hanya saja, kerugian dari metode ini adalah jika ketuban anda telah rusak,anda harus melakukan persalinan atau anda berisiko infeksi. Jika sisa-sisa tenaga anda terhenti pada titik ini, anda mungkin perlu bantuan tambahan pitocin.

Pitocin
Penggunaan pitocin (hormon oksitosin sintetis) merupakan metode yang paling umum dilakukan untuk menginduksi persalinan.

Setelah anda mendapatkan bantuan pitocin ini, bayi akan dimonitor secara terus menerus untuk memastikan bahwa dia tidak memiliki reaksi yang merugikan dan untuk memastikan kontraksi berjalan dengan normal.

Bagi ibu-ibu yang berencana untuk melahirkan normal, penting untuk dicatat bahwa kadang-kadang kontraksi yang disebabkan oleh pitocin terlalu kuat jika dilakukan tanpa obat penghilang rasa sakit seperti epidural.

Jadi untuk melakukan induksi persalinan anda, percayakan sepenuhnya pada dokter anda agar semuanya berjalan dengan lancar karena dokter anda sudah mempertimbangkan segala hal yang mungkin akan terjadi jika dan tidak dilakukan induksi.

Loading...