3 Makanan Penting untuk Mendukung Pertumbuhan Otak Anak

3 Makanan Penting untuk Mendukung Pertumbuhan Otak AnakPertumbuhan otak anak merupakan salah satu yang paling penting dalam menentukan tumbuh kembangnya di masa yang akan datang. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus pandai dalam memilih jenis asupan dalam pertumbuhan anak. Nah, apa saja asupan penting yang membantu mengoptimalkan otak anak?

“Gizi itu sangat berguna untuk perkembangan seorang anak. Salah satu cara yang terbaik untuk menjaga fungsi otak dan saraf adalah denagn memberikan keduanya zat gizi yang esensial,” kata pakar gizi medik dari Fakultas Kedokteran UI, Dr dr Saptawati Bardosono, MSc, dalam acara diskusi ‘Gut Brain Axis: Pencernaan Sehat si Kecil Cerdas’, yang diselenggarakan di Hotel Gran Melia, Jl HR Rasuna Said.

Oleh sebab itu, ada tiga asupan utama untuk mendukung pertumbuhan optimal otak anak, yaitu:

Loading...

1. Makanan Rendah Lemak dan Daging Tanpa Lemak

Makanan-makanan yang tinggi akan lemak dapat mengakibatkan kadar kolesterol yang bisa menyumbat arteri dan mengakibatkaan kurangnya aliran oksigen ke otak. Daging yang rendah lemak bisa merupakan sumber karnitin dan asam amino yang baik untuk kesehatan otak.

MENARIK:  Bahaya Rokok Terhadap Kesehatan

2. Gandum Utuh dan Kacang-kacangan

Yang termasuk gandum adalah roti, kacang dan sereal. Makanan ini sangat kaya akan lesitin, yang merupakan bahan utama untuk diolah produksi asetilkolin. Asetilkolin sendiri merupakan neurotransmitter (zat penghantar rangsangan saraf) yang berguna untuk mengirim pesan ke sel lain, termasuk ke otak.

3. Vitamin C, E, dan B kompleks

Antioksidan yang merupakan vitamin C dan E telah diketahui akan sanggup memberikan perlindungan kepada otak dari kerusakan dengan cara menetralisir radikal bebas dan akan mengurangi penurunan fungsi otak. Sedangkan vitamin B12 dan asam folat bisa mencegah penurunan fungsi otak.

Loading...