Gumpalan Darah Abnormal Saat Menstruasi

Gumpalan Darah Abnormal Saat MenstruasiGumpalan darah saat menstruasi merupakan kondisi yang normal bagi banyak perempuan, tetapi gumpalan darah tersebut juga bisa menjadi pertanda sesuatu yang abnormal.

Gumpalan darah yang abnormal selama haid jika gumpalan darahnya sangat besar atau aliran darahnya sangat banyak. Dan hal ini mungkin indikasi adanya masalah di dalam rahim.

Masalah penggumpalan darah yang dikaitkan dengan gangguan pada rahim mungkin karena pengaruh fibroid, perubahan uterus, polip dan lain sebagainya. Dan untuk mengetahui secara pasti harus melalui diagnosa oleh tenaga medis.

Loading...

Selain dari diagnosa medis, penggumpalan darah haid yang abnormal tersebut bisa dikenali dengan beberapa gejala yang menyertainya seperti yang bisa kita lihat seperti dibawah ini:

Gumpalan menstruasi karena pengaruh fibroid
Ketika aliran menstruasi wanita sangat berat dan berisi gumpalan darah lebih besar dari ¼ dari jumlah darah menstruasi, mungkin hal ini menandakan akan adanya masalah seperti adanya sejenis kanker atau fibroid yang tumbuh dirahim.

Meskipun banyak wanita dengan fibroid tidak mengalami gejala, sekitar 25 persen wanita dengan fibroid dirahim mengalami aliran menstruasi yang berat yang bisa disertai dengan pembekuan darah.

Gumpalan menstruasi karena perubahan uterus

Setiap kondisi yang menyebabkan peningkatan aliran menstruasi juga dapat menghasilkan gumpalan darah, terutama jika pengaliran darah haid yang keluar dari rahim terhambat sehingga memberikan kesempatan darah untuk membeku.

MENARIK:  Infeksi Rubella Pada Kehamilan

Sebagai contoh, jika seorang wanita memiliki kehamilan kembar atau melahirkan anak kembar, rahimnya mungkin sangat besar sehingga darah rahim mengalami gumpalan sebelum mengalir ke dalam vagina.

Sebuah kondisi yang disebut endometriosis, di mana terjadi pertumbuhan lapisan rahim over grows, mengental dan menjadi tidak normal, juga dapat menyebabkan pengumpulan darah rahim, memungkinkan gumpalan untuk muncul di aliran menstruasi.

Penyebab lain

Tipe lain dari pertumbuhan di dalam rahim seprti polip sehingga aliran darah mungkin mengalami hambatan untuk keluar dari rahim.

Biasanya pertumbuhan non-kanker berupa polip ini berkembang di lapisan rahim (endometrium) dan dapat menonjol ke dalam rongga rahim.

Tonjolan polip ini dapat mengganggu aliran darah dari rahim, memungkinkan darah haid untuk menggumpal serta menyebabkan masalah lainnya seperti mengganggu implantasi.

Adanya kanker rahim juga dapat menyebabkan perdarahan abnormal yang mungkin juga mencakup pembekuan darah.

Efek Samping Obat
Pada beberapa obat-obatan tertentu dapat menyebabkan perubahan hormonal di dalam tubuh sehingga menyebabkan perkembangan lapisan rahim menebal. Penebalan lapisan ini dapat pula menyebabkan perdarahan yang lebih berat dari biasanya dan memiliki keterkaitan dengan penggumpalan darah haid.

MENARIK:  Perdarahan Pada Kehamilan Muda

Loading...