Gejala dan penyebab Hematuria Pada Anak

Gejala dan penyebab Hematuria Pada AnakPernahkah anda menemukan urine anak anda nampak merah seperti warna teh? Ya, kondisi ini biasanya disebabkan oleh darah yang bercampur dalam urine (hematuria).

Hematuria sendiri artinya darah dalam urin yang dalam kondisi normalnya, urin tidak  seharusnya mengandung darah.

Hematuria ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu Mikroskopis hematuria ( kandungan darahnya sangat sedikit sehingga tidak terlihat dengan mata telanjang) dan Hematuria gross (Urine tampak merah atau berwarna seperti teh).

Loading...

Penyebab Hematuria pada urine anak bisa disebabkan oleh berbagai kondisi medis seperti cedera pada perut, panggul, Kondisi yang mempengaruhi saluran kemih (termasuk infeksi, refluks vesicoureteral, penyumbatan atau kelainan pada saluran kemih, tumor), kanker kandung kemih, penyakit ginjal,batu ginjal dan lain sebagainya.

Gejala hematuria mungkin untuk setiap anak tidak selalu sama dan tergantung pada kondisi yang mendasari penyebab hematuria tersebut.

Sebagai contoh, jika infeksi saluran kemih adalah penyebabnya, anak anda mungkin akan sering buang air kecil atau mungkin anak anda merasakan sensasi seperti terbakar saat buang air kecil.

MENARIK:  Gejala Baby Blues Syndrome

Dan jika anda menemukan warna urin anaak anda bercampur darah, segera hubungi dokter anak untuk mendapatkan diagnosa yang akurat.

Dalam mendiagnosa kondisi anak anda, dokter akan bertanya tentang gejala anak anda dan riwayat kesehatan secara keseluruhan sekaligus pemeriksaan fisik akan dilakukan.

Cara mendeteksi lainnya diperlukan tes untuk mencari infeksi dan tanda-tanda masalah ginjal, termasuk mungkin dilakukan tes urin untuk mengkonfirmasi adanya darah dan mencari protein, bakteri atau sel-sel kanker dalam urin anak anda.

Dokter anda mungkin juga perlu melihat gambar ginjal dan saluran kemih baik dengan menggunakan Sinar X, ultrasound, Computed tomography ( CT ) scan, Magnetic Resonance Imaging ( MRI ) scan dan beberapa jenis alat lainnya. Termasuk Cystoscopy, Biopsi ginjal (jarang dilakukan).

Loading...