Loading...

Perubahan Fisiologis Pada Masa kehamilan

Perubahan Fisiologis Pada Masa kehamilanKetika wanita sedang memasuki masa hamil, sudah banyak perubahan yang ia rasakan dalam dirinya, biasanya ia sering merasakan mual-mual serta perutnya yang semakin mengalami pembesaran disetiap waktu. Selain itu, perubahan fisiologis inu hamil juga akan terasa seperti:

1). Rahim atau Uterus

Pada masa kehamilan, diketahui rahim yang beratnya 30gram atau sebesar jempol akan mengalami perunbahan menjadi 1000gram ketika akhir kehamilan (Rustam Mochtar, 1998).

Loading...

2). Vagina (Liang Senggama)

Terjadinya kenaikan pembuluh darah pada vagina dan vulva sebab dipengaruhi oleh estrogen sehingga terlihat makin merah dan kebiru-biruan.

3). Ovarium

Pada saat terjadinya kehamilan, indung telur yang telah menyimpan korpus luteum gravidarum akan terus menjalankan tugasnya sampai menjadikan plasenta yang sempurna pada umur kehamilan 16 minggu.

4). Payudara

Dimasa kehamilan, payudara akan mengalami perubahan menjadi lebih besar, glandula Montgomery makin jelas terlihat, areola payudara makin hiperpigmentasi (menghitam), putting susu makin menonjol.

5). Sirkulasi Darah

Sel darah jumlahnya semakin mengalami peningkatan untuk menyeimbangi pada pertumbuhan janin dalam rahim. Serum darah (volume darah) telah mengalami peningkatan sekitar 25-30% kemudian sel darah mengalami penambahan sekitar 20% (manuaba, 1998).

6). Berat Badan Bertambah

Ketika sedang hamil, berat badan Anda akan mengalami peningkatan antara 6,5 hingga 16,5 kg selama hamil atau terjadi kenaikan berat badan sekitar 0,5 kg/minggu (Rustam Mochtar, 1998).

Perubahan Fisiologis Pada Masa kehamilan | DuniaKebidanan.com | 4.5