Penyebab Umum Keguguran Berulang

Penyebab Umum Keguguran BerulangJika anda mengalami keguguran berulang (lebih dari dua kali keguguran) secara berturut-turut, maka sebaiknya anda harus dirujuk kedokter spesialis (ahli ginekolog) untuk mengetahui apa penyebab keguguran berulang yang sedang anda alami.

Beberapa masalah yang bisa menyebabkan wanita mengalami keguguran berulang termasuk diantaranya adalah masalah genetika, gumpalan darah abnormal, masalah pembekuan darah, bentuk rahim yang abnormal, kadar hormon dan lain sebagainya.

Dan berikut ini adalah pembahasan singkat mengenai kemungkinan penyebab terjadinya keguguran berulang seperti dibawah ini:

Masalah genetik.

Masalah genetik bisa menyebabkan terjadinya keguguran berulang. Masalah genetik ini seperti anda atau pasangan anda mungkin memiliki kelainan pada salah satu kromosom.

Gumpalan Darah

Masalah lain yang bisa menyebabkan terjadinya keguguran berulang adalah gangguan pada sistem pembekuan darah yang abnormal atau yang biasa dikenal dengan istilah sindrom antifosfolipid . Sindrom antifosfolipid dapat menyebabkan keguguran, lahir mati ataupun kelahiran prematur.

Loading...

Gangguan pembekuan darah yang diwariskan atau yang disering diistilahkan dengan trombofilia ini bisa menyebabkan keguguran tetapi perannya dalam keguguran berulang belum jelas.

MENARIK:  Kenali Jenis Kontraksi Pada Masa Kehamilan

Gangguan pada rahim
Gangguan pada rahim seperti bentuk rahim yang abnormal, fibroid atau kelemahan pada serviks merupakan hal yang umum penyebab keguguran berulang.

Pengaruh usia
Wanita pada sekitar usia 35 tahun, kualitas telur mulai menurun lebih cepat. Hal ini dapat membuat materi genetik dalam telur lebih mungkin salah selama pembuahan. Oleh karena itu kelainan kromosom pada bayi lebih mungkin terjadi pada kehamilan pada usia ini yang pada gilirannya akan meningkatkan kemungkinan keguguran.

Meskipun semua kemungkinan penyebab keguguran berulang diatas, belum bisa dipastikan apa penyebab pastinya karena sifatnya kasuistik. Dan pada kebanyakan kasus, wanita yang mengalami keguguran terjadi karena kesalahan dalam perawatan kehamilan mereka sendiri ataupun keguguran karena kecelakaan (terjatuh) sehingga keguguran bisa terjadi.

Loading...