Loading...

Merencanakan Kehamilan yang Sehat Bagi Penderita Lupus

Merencanakan Kehamilan yang Sehat Bagi Penderita LupusJika Anda ingin meningkatkan peluang kehamilan yang sehat pada penderita lupus, maka kehamilan semestinya direncanakan dengan ekstra hati-hati.

Penyakit harus berada dalam posisi di bawah kontrol sebelum konsepsi berlangsung. Sebab hamil ketika penyakit aktif, bisa menimbulkan terjadinya keguguran, lahir mati, maupun komplikasi serius. Untuk melakukan hal tersebut sangat berguna untuk mendapat pengawasan dari dokter kandungan yang sudah berpengalaman.

Dalam merencanakan kehamilan. Anda bersama pasangan harus berkonsultasi dengan dokter mengenai dalam merencanakan kehamilan. Anda dan Dokter harus benar-benar yakin bahwa keadaan lupus Anda berada di bawah kontrol yang baik. Selain itu, Dokter harus memeriksa potensi gangguan atau komplikasi yang bisa muncul selama kehamilan, pengobatan, dan risikonya bagi Anda dan janin. Untuk melakukan semua hal tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya:

Loading...

1. Memilih dokter kandungan yang mempunyai pengalaman dalam bidang kehamilan yang berisiko tinggi. Lebih baik lagi, jika pernah berpengalaman menangani kehamilan dengan lupus.

2. Dokter kandungan harus berhubungan dengan pihak rumah sakit yang mengkhususkan diri dalam perawatan kehamilan yang berisiko tinggi yang mempunyai tempat untuk merawat bayi yang berkebutuhan khusus.

3. Sebaiknya Anda harus bertemu dengan dokter kandungan sebelum Anda hamil sehingga mempunyai kesempatan untuk menilai keadaan Anda secara keseluruhan sebelum konsepsi. Dalam pertemuan tersebut juga akan memberikan Anda kesempatan untuk memilih apakah dokter kandungan ini tepat untuk Anda.

4. Terlebih dahulu periksalah rencana asuransi kesehatan Anda. Anda harus memastikan bahwa asuransi meliputi kebutuhan kesehatan Anda dan bayi, setiap ada masalah yang mungkin akan timbul.

5. Review kerja dan jadwal kegiatan. Persiapkan diri Anda untuk melakukan perubahan kalau Anda tidak merasa baik atau membutuhkan lebih banyak istirahat.

6. Anda harus mempertimbangkan keadaan keuangan Anda. Kalau saja Anda bekerja di luar rumah, kehamilan bisa saja mempengaruhi kemampuan Anda untuk bekerja.

7. Merencanakan adanya bantuan di rumah selama masa kehamilan dan setelah bayi lahir. Dengan menjadi ibu baru yang normal bisa jadi akan sangat melelahaan, terlebih lagi untuk ibu yang menderita lupus. Walaupun sebagian besar wanita dengan lupus bisa melakukannya dengan baik, beberapa diantaranya mendapatkan sakit dan susah untuk merawat anak. Sehingga, lebih baik dan lebih aman, jika Anda menyiapkan seseorang yang siap membantu Anda,

Merawat Diri:

1. Cukup dengan istirahat, jangan sampai kelelahan.
2. Makan makanan bergizi yang seimbang dan jauhi yang mengakibatkan berat badan yang berlebihan.
3. Konsumsi obat secara teratur sesuai yang disarankan oleh dokter.
4. Hindari untuk merokok dan minum minuman yang beralkohol.
5. Selalu memeriksa keadaan Anda ke dokter, laporkan setiap perubahan yang terjadi pada tubuh Anda.

Setelah Bayi Lahir:

Ketika Bayi Anda telah lahir, dokter akan memeriksa perubahan fisik dan emosional yang terjadi pada Anda setelah melahirkan.

1. Tetap percaya diri dan cobalah untuk menyusui bayi Anda dengan bantuan dokter atau perawat.
2. Sebelum keluar dari rumah sakit, terlebih dahulu konsultasikan dengan dokter untuk pilihan penggunaan alat kontrol kelahiran.

Merencanakan Kehamilan yang Sehat Bagi Penderita Lupus | DuniaKebidanan.com | 4.5