Penyakit Asma Dalam Kehamilan

Penyakit Asma Dalam KehamilanKebanyakan dari para wanita sangat mengkhawatirkan akan kehamilan yang bisa saja mempengaruhi penyakit asma yang dialaminya. Sebaliknya ada juga merasa gelisa bagi mereka yang mengidap asma, mungkinkah obat yang sering digunakan untuk memberantas asma tersebut akan membahayakan calon bayi yang dikandung.

Semuanya memang serba salah, sebab keduanya bisa saling berkaitan. Tapi, dengan melakukan terapi asma yang tepat, wanita bisa bernafas lebih mudah, mendapatkan kehamilan normal, menjalani persalinan serta melahirkan anak yang tumbuh sehat.

Read More

Jika diperhatikan secra keseluruhan, dampak dari kurangnya tindakan untuk mengontrol asma lebih besar daripada dampak minum obat asma.

Wanita dengan penyakit asma biasanya akan mengalami satu atau lebih dari komplikasi berikut:

1.Mempunyai tekanan darah tinggi atau preeklamsia
2. Melahirkan bayi prematur
3. Melakukan operasi Caesar
4. Berat badan bayi kurang daripada usia sebayanya

Untuk menangani asma pada wanita hamil sebenarnya sama dengan wanita yang tidak hamil. Ada beberapa cara keberhasilan yang sangat penting untuk diperhatikan adalah sebagai berikut:

MENARIK:  Pemberian Magnesium Sulfat

Monitoring

1. Fungsi paru ibu. Bisa dilakukan di klinik maupun di RS yang mempersiapkan fasilitas tersebut. Berbicaralah dengan dokter spesialis penyakit dalam atau penyakit paru.
2. Kesehatan bayi harus selalu diperiksa dalam setiap kali kontrol kandungan

Hindari Pencetus Asma

1. Anda harus mengetahui segala hal yang bisa membuat Anda terkena asma, contohnya bulu, debu, rokok, bau parfum, dan asap.
2. Sebaiknya Anda harus selalu menjaga kesehatan. Flu bisa mengakibatkan timbulnya asma. Pertimbangkan untuk melakukan vaksinasi flu kalau Anda seringkali terserang flu.

Edukasi

1. Mengenal tanda dan gejala asma
2. Jauhi paparan pencetus
3. Pakai obat pengontrol asma secara terpadu

Medikasi

Secara umum, inhalasi (obat yang dihirup)direkomendasikan sebab efeknya yang terbatas pada tubuh ibu & bayi. Mungkin diperlukan penyesuaian dosis dan tipe obat selama masa kehamilan sebab adanya perubahan metabolisme dan derajat beratnya asma.

Kemanan Obat Pengontrol Asma

Sulit untuk membuktikan kalau obat pengontrol asma bisa aman untuk kehamilan. Tapi sudah bertahun-tahun obat asma telah percaya untuk digunakan dan risiko yang ditimbulkan sangat sedikit hingga bahkan tidak ada untuk ibu & bayi.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

cara buat alat coli,anak sd mulus,mulus sd,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,alat coli,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu