Cara Menyusui Bayi dengan Menggunakan Botol

Cara Menyusui Bayi dengan Menggunakan BotolJika ingin memberikan asupan gizi kepada bayi bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan susu. Pemberian susu pada bayi bisa dilakukan dengan dua cara yaitu bisa langsung dari payudara seorang ibu atau bisa memakai botol.

Untuk ibu yang memakai botol dalam menyusui si kecil, pastikan Anda harus memperhatikan betul beberapa hal penting mengenai kebersihan dan teknik menyusuinya.

Nah, inilah beberapa tips dalam menyusui bayi menggunakan botol yang bisa Anda praktikkan di rumah, diantaranya:

Loading...

1. Pertama-tama Anda harus mencuci dan mensterilisasikan botol beserta dotnya sebelum Anda menggunakannya. Caranya adalah dengan memanaskannya dalam air panas dalam waktu 5 menit.

2. Anda harus menghangatkan botol susu dalam mangkuk yang berisi air hangat. Pastikan suhunya tidak terlalu panas untuk bayi Anda dengan cara menguji suhu isinya di pergelangan tangan bagian dalam.

3. Anda jangan memanaskan susu beserta botolnya langsung dengan memakai microwave sebab microwave akan memanaskan bahan plastik botol yang berbahaya bagi kesehatan.

MENARIK:  Amankah Mengkonsumsi Teh Herbal Selama Menyusui?

4. Sebaiknya carilah tempat duduk yang nyaman dengan bayi Anda dan jangan lupa sediakan lap lembut untuk mengusap sisa-sisa susu di mulut bayi.

5. Pakailah bantal atau lengan Anda dalam menjaga kepala bayi untuk tetap merasa nyaman kemudian tangan yang lain memegang botol susu.

6. Kalau bayi Anda rewel selama menyusui, sebaiknya berhentilah sejenak dan bantulah bayi untuk bersendawa. Sebab bisa jadi si kecil merasa tak nyaman atau terlalu kenyang.

***

Dengan menyusui merupakan pengalaman yang berharga sebab bisa mendekatkan antara ibu dan anak. Semoga bermanfaat.

Loading...