Loading...

Apa Itu Osteitis Pubis ?

Apa Itu Osteitis PubisOsteitis pubis adalah cedera atau kerusakan jaringan dan peradangan pada panggul di lokasi di mana dua tulang pubis bergabung (simfisis pubis) yang mengakibatkan nyeri pada pangkal paha.

Dan seperti kita ketahui pula bahwa struktur anatomi tulang panggul terdiri dari dua tulang (hemipelvis).

Kedua tulang bergabung bersama di depan panggul pada simfisis pubis . Simfisis pubis tersusun dari tulang rawan yang membantu menyerap kekuatan antara dua tulang.

Loading...

Ada beberapa otot yang menempel dekat simfisis pubis yaitu otot adductors dan otot perut dan otot-otot ini akan berkontraksi saat kita melakukan gerakan seperti berlari, menendang atau melakukan sit-up dan menimbulkan kekuatan tarik pada simfisis pubis.

Ketika tarikan dan gerakan berulang terjadi secara berlebihan maka kerusakan pada tulang pubis atau simfisis mungkin saja terjadi. Dan hal inilah yang mengakibatkan peradangan ke simfisis pubis yang lebih dikenal dengan osteitis pubis.

Penyebab pubis osteitis

Osteitis pubis biasanya cedera berlebihan yang umumnya terjadi karena aktivitas berulang atau berkepanjangan menempatkan ketegangan pada simfisis pubis . Kondisi osteitis pubis umumnya dialami oleh beberapa atlit sepak bola, hoki dan atletik (utamanya para atlit pelari maraton).

Pasien juga dapat mengembangkan osteitis pubis karena kontraksi otot perut yang berlebihan ( seperti selama sit up yang berulang-ulang ) atau setelah rehabilitasi adduktor tendinopathy yang kurang memadai.

Tanda dan gejala pubis osteitis

Pasien dengan osteitis pubis biasanya mengalami nyeri pada pangkal paha yang berkembang secara bertahap dan terus-menerus. Nyeri mungkin dialami pada satu atau kedua sisi pangkal paha. Nyeri ini kadang-kadang juga dapat dialami di perut bagian bawah atau di depan pinggul.

Pasien biasanya mengalami rasa sakit pada yang sangat jelas dirasakan ketika menyentuh tulang kemaluan di bagian depan panggul.

Nyeri juga dapat dirasakan sangat jelas ketika kita melakukan pijatan kaki atau ketika melangkah yang jauh . Nyeri ini biasanya juga semakin parah ketika kita sehabis berlari, menendang, melakukan sit-up, dll.

Apa Itu Osteitis Pubis ? | DuniaKebidanan.com | 4.5