Loading...

Kegunaan dari Vitamin D untuk Ibu Hamil

Kegunaan dari Vitamin D untuk Ibu HamilPemenuhan gizi yang baik yang harus menjadi kewajiban bagi setiap ibu hamil demi kelanjutan kesehatan si kecil. Salah satu kebutuhan gizi mikro yang tidak boleh diabaikan oleh seoarang ibu hamil adalah dengan selalu mengkonsumsi vitamin D.

Sebab menurut dari berbagai penelitian dalam jurnal Clinical Endocrinology & Metabolism, bumil yang tidak mengkonsumsi vitamin D mempunyai risiko lebih tinggi melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

Seorang ibu dengan mengkonsumsi vitamin D yang baik pada trimester awal kehamilan bisa mempengaruhi pertumbuhan pada bayinya ditrimester berikutnya.

Loading...

Saat ibu hamil kekurangan vitamin D selama masa trimester pertama, biasanya calon bayinya akan mempunyai risiko dua kali lipat dengan terganggunya pertumbuhan dalam rahim. Hasil penelitian telah membuktikan bahwa, bumil dengan kadar vitamin D yang rendah selama 26 minggu kehamilan melahirkan bayi yang beratnya lebih ringan, biasanya rata-rata 46 gram jika dibandingkan rata-rata berat bayi normal.

Bayi yang memiliki berat badan rendah mempunyai tingkat resiko kematian yang lebih tinggi di bulan pertama. Selain itu, mereka juga biasanya menderita risiko tinggi penyakit kronis, seperti penyakit jantung, hipertensi dan diabetes tipe-2.

Ini adalah salah satu penelitian terbesar dalam masalah mengetahui hubungan antara kadar vitamin D ibu hamil dengan berat lahir anaknya. Hal tersebut telah dibenarkan dari hasil uji klinis dalam hal untuk menambahkan asupan vitamin D untuk bumil agar meningkatkan berat lahir anaknya.

Walaupun demikian, tentu ada perubahan kalau data yang dianalisa merupakan data satu dekade belakangan. Sebab gaya hidup para bumil juga berbeda-beda.

Saat ini bumil lebih mengurangi kebiasaan merokok dan memperoleh asupan vitamin D lebih baik dari makanan daripada sinar matahari, sehingga mungkin menghasilkan bagi berat lahir bayi. Keguanan vitamin Duntuk ibu hamil yang lain adalah dengan mengatasi obesitas pada anaknya kelak setelah ia lahir.

Kegunaan dari Vitamin D untuk Ibu Hamil | DuniaKebidanan.com | 4.5