Loading...

Ayo, Kenali Lebih Dekat dengan KB IUD

Ayo, Kenali Lebih Dekat dengan KB IUDJika saja Anda ingin menghindari kehamilan, Anda perlu memakai alat Keluarga Berencana (KB). Pasti Anda sudah mengetahui beberapa macam alat KB yang sudah disediakan oleh pemerintah, salah satunya adalah KB Intra Uterine Devices (IUD).

KB IUD merupakan salah satu jenis KB yang cukup tren dipakai oleh kebanyakan wanita saat ini. Pada umumnya orang menyebutnya dengan KB Spiral. Alat kontrasepsi ini terbuat dari plastik yangb bentuknya T, yang berukuran kurang lebih 3 cm dengan dibalut dengan tembaga. Cara kerja KB IUD ini yaitu dengan membendung sperma yang ingin bertemu dengan sel telur supaya tidak terjadi pembuahan.

Apakah Anda tertarik untuk memakainya? Ayo, kenali lebih dekat dengan KB IUD!

Loading...

Pemasangan

Ketika digunakan sesuai dengan prosedur oleh bidan dan dokter berpengalaman, KB IUD dapat mengatasi kehamilan sampai angka 99,4%. Pada umumnya KB IUD bisa dipakai di akhir masa nifas. Kalau saja masa nifas sudah terlewatkan, dokter akan menyarankan untuk menggunakan KB IUD ketika Anda memperoleh menstruasi.

Sebab ketika menstruasi akan terbuka mulut rahim sehingga bisa menyebabkan kurangnya rasa nyeri ketika pemasangan KB IUD. Bila Anda ingin merencanakan melahirkan dengan cara Sectio Caesar, sebaiknya terlebih dahulu untuk mengkonsultasikan apakah bisa dengan cara memasang IUD saat operasi berlangsung. Jika tidak memungkinkan, tanyakan kapan waktu yang baik untuk memasangnya.

Efek Samping

Anda tak perlu mencemaskan mengenai efek samping dalam KB IUD, sebab efek samping yang dimunculkan tidak bersifat permanen. Ada sebagian wanita yang mungkin akan merasakan kram dan sakit pinggang jika beberapa jam setelah pemasangan. Selain itu, ada juga yang mendapatkan perdarahan ringan dan rasa nyeri setelah beberapa minggu ketika pemasangan. Dan biasanya di tiga bulan pertama setelah pemasangan akan terjadi perubahan siklus haid. Namun Anda jangan kuatir sebab semua efek ini hanya bersifat sementara.

Anda tetap bisa melakukan intim seperti biasanya sebab IUD tidak terletak di liang vagina. Pada mulanya mungkin akan terasa kurang nyaman, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa.

Berikut ini ada beberapa keuntungan lain dalam menggunakan KB IUD, diantaranya:
– Bisa tahan dalam jangka panjang 5-10 tahun
– Tidak kuatir lupa seperti halnya jika Anda memakai pil KB
– Jika Anda masih menyusui, KB IUD tidak mengganggu program menyusui
– Bisa melakukan berolahraga secara normal
– Tidak terpengaruhnya pada tingkat kesuburan wanita sehingga bisa segera hamil setelah KB IUD dilepas
– Hanya dengan melakukan pengecekan ke dokter sekali dalam setahun.

Catatan:
Walaupun pengecekan ke dokter dilakukan hanya sekali dalam setahun, Anda juga harus ingat untuk melakukan pengecekan tali IUD sendiri setiap bulan. Caranya adalah dengan memasukan jari Anda ke dalam vagina dan meraba apakah tali IUD masih tetap terpasang. Jika Anda tidak menemukan tali IUD tersebut segera periksa ke dokter.

Ayo, Kenali Lebih Dekat dengan KB IUD | DuniaKebidanan.com | 4.5