Loading...

Perkembangan Otak Janin Dalam Kandungan

Ibu hamil biasanya sangat antusias dan ingin tahu tentang bagaimana pertumbuhan dan perkembangan janin mereka dalam kandungan.

Sebenarnya selain pertumbuhan fisik, perkembangan otak janin dari waktu kewaktu sangat penting untuk kita ketahui dan pahami sehingga kita dapat menyadari betul akan manfaat makanan yang harus kita berikan untuk pertumbuhan janin kita nantinya.

Berikut ini adalah tahapan perkembangan otak janin dalam kandungan mulai dari minggu pertama hingga minggu ke-40 dapat kita lihat seperti dibawah ini:

Loading...

– Minggu 1-2: Sel telur yang telah dibuahi akan berimplan didinding rahim, dan konsepsi dianggap telah berusia dua minggu.
– Minggu 3: Meskipun masih dalam definisi embrio, pembentukan tulang punggung, sistem kardiovaskular dan otak mulai terbentuk.
– Minggu 4: Pada fase ini, embrio mengembangkan lebih lanjut bagian-bagian otak seperti otak depan, otak tengah dan otak bagian belakang bersama dengan tangkai optik.
– Minggu 5: Otak terus berkembang dan organ-organ lain seperti sistem peredaran darah mulai berfungsi dengan keempat bilik jantung disaat memasuki minggu kelima. Bentuk wajah mulai berkembang dari lengan dan kaki, lengkap dengan jari.
– Minggu 6: Pembentukan belahan otak dan juga beberapa aktivitas gelombang. Tabung saraf yang menghubungkan otak dan sumsum tulang belakang juga terjadi dalam usia minggu ke enam ini.
– Minggu 7: Pada minggu ini, petumbuhan otak sangat cepat.
– Minggu 8: Dalam minggu ini, ukuran kepala lebih besar dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Perkembangan otak belakang, bertanggung jawab untuk mengatur detak jantung, pernapasan dan semua gerakan otot.
– Minggu 9: Sistem saraf dikembangkan untuk berfungsi dengan baik pada minggu ini.
– Minggu 10: Alat kelamin mulai berkembang pada tahap ini sehingga kita dapat menentukan jenis kelamin janin. Perkembangan otak juga sangat cepat karena otak membentuk neuron 250.000 per menitnya.
– Minggu 11: The sumsum tulang belakang dapat dibedakan secara jelas dan saraf tulang belakang mulai merentang keluar dari sumsum tulang belakang.
– Minggu 12: ukuran otak sedikit kecil jika dibandingkan dengan ukuran kelahiran dan bentuk, seiring dengan perkembangan dari selera dan pita suara.
– Minggu 13: Minggu ini melihat penyelesaian trimester pertama. Jantung, hati, limpa dan organ lainnya sudah berfungsi.
– Minggu 14: Pada tahap ini, bayi mengambil banyak nutrisi melalui plasenta. Janin juga mulai prakteknya pernapasan – menghirup dan menghembuskan napas.
– Minggu 15: tubuh bayi itu kini berkembang pesat yang ditutupi oleh rambut halus sebagai pelindung kulit. Indera pendengaran juga mulai jelas pada tahap ini.
– Minggu 16:gerakan bayi mulai terasa jika diraba.
– Minggu 17: Pada tahap ini, rahim mulai berkembang untuk memberikan lebih banyak ruang untuk bayi. Tulang tumbuh dan menjadi keras. Sumsum tulang belakang dilindungi oleh myelin.
– Minggu 18: Bayi mengembangkan kepekaan terhadap cahaya dan pada saat yang sama, otak berkembang sangat pesatnya.
– Minggu 19: Otak menjadi mampu membentuk jutaan motor neuron, memungkinkan bayi untuk mengembangkan dan membuat gerakan dengan oto-otot sendiri.
Otak depan lebih jauh berkembang menjadi belahan otak kiri dan kanan otak. Selain itu, sel-sel saraf dan indera juga berkembang dengan pesat.
– Minggu 20: Sel-sel saraf pada tahap ini membuat koneksi yang kompleks dan persepsi sensorik dengan otak dan seluruh tubuh.
– Minggu 21: Pertumbuhan yang cepat dan perkembangan janin melambat dalam minggu ini. Organ, terutama jantung semakin kuat dan lemak semakin terakumulasi dalam otot-otot bayi.
– Minggu 22: Sebagai otak adalah memahami persepsi sensorik yang kompleks, janin menjadi mampu membedakan antara suara yang berbeda.
– Minggu 23: Semua sel-sel saraf yang sejauh ini telah dibentuk dan dikembangkan secara mandiri, mulai bergabung untuk membentuk sistem saraf lengkap.
– Minggu 24: Pada tahap ini, otak mulai mengatur semua fungsi tubuh, dan mengaktifkan sistem pendengaran dan visual, yang mempertinggi keseluruhan indera bayi.
– Minggu 25: Sumsum tulang belakang mulai mengeras dan meluruskan. Sistem saraf lebih berkembang dan mampu mengendalikan pernapasan sendiri. Saraf optik sangat peka dalam menangkap cahaya dari segala arah.
– Minggu 26: Otak mulai berubah seperti formasi gelombang. Gelombang otak juga lebih kuat pada tahap ini serta meningkatnya sensor pendengaran dan visual.
– Minggu 27: Otak secara aktif memproses informasi dari indra
-Minggu 28: Otak benar-benar memantau pernapasan dan mengatur suhu tubuh
– Minggu 29-40: Tahap trimester ketiga melihat bahwa otak terus berkembang dan meningkat dengan cepat dalam ukuran, sambil membangun hubungan antara sel-sel saraf. Otak bersama dengan paru-paru adalah organ terakhir untuk berkembang dan proses selesai di akhir-akhir trimester ketiga.

Perkembangan Otak Janin Dalam Kandungan | DuniaKebidanan.com | 4.5