Loading...

Batalkan Kehamilan Saat Menyusui

Batalkan Kehamilan Saat MenyusuiUntuk menjadi Ibu Menyusui (Busui) memberikan nilai tersendiri bagi para wanita. Namun ketika yang bersamaan menyusui membuat Anda terbatas dalam menentukan dan melakukan sesuatu, salah satunya dalam menentukan alat kontrasepsi. Untuk itu sebaiknya Anda memperhatikan penjelasan artikel berikut ini agar Anda bisa membatalkan kehamilan tanpa mengganggu produksi ASI!

Sebagian Busui yang telah mengeluarkan ASI eksklusif pada si kecil tidak mengalami menstruasi pada beberapa minggu, bulan atau bahkan tahun. Hal ini disebabkan karena terjadinya mengeluaran hormon prolaktin ketika proses menyusui sedang berlangsung. Hormon inilah yang mengatasi produksi sel telur sehingga bisa dikatakan sebagai KB Alami.

Namun Anda harus mengetahui jika KB Alami bukan berarti akan tidak terjadinya kehamilan. Untuk mengatasi terjadinya kehamilan sebaiknya Anda tetap memakai alat kontrasepsi yang aman untuk Busui.

Loading...

Pil, Suntik, Implant

Sebaiknya Ibu Menyusui harus menghindari alat kontrasepsi yang telah mengandung kombinasi hormonal. Misalnya Pil, Suntik dan Implant itu semua telah tergolong mengandung kombinasi hormon estrogen dan progesteron. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak merekomendasikan pemakaian KB yang telah mengandung hormon estrogen sebab bisa mengurangi terjadinya kandungan lemak dan produksi ASI.

Jika saja Anda masih menginginkan untuk memakai KB jenis Pil, sebaiknya Anda harus memilih yang hanya mengandung hormon progesteron (mini pil). Sebab mini pil ini dikenal juga sebagai KB Laktasi yang memang dikhususkan bagi ibu yang sedang menyusui sebab tidak mengganggu jalannya produksi ASI. Walaupun terasa aman, WHO telah menyarankan mini pil sebaiknya dikonsumsi enam minggu pasca melahirkan sebab pola produksi ASI masih dibentuk dalam enam minggu setelah si kecil lahir.

KB IUD, Suntik 3 Bulan dan Kondom

KB IUD merupakan kontrasepsi Intra Uterine Device yang bentuknya huruf T yang terbuat dari plastik yang dililit tembaga dengan tali di ujung bagian bawah. Cara penggunaannya adalah dengan memasukkan ke dalam rahim guna untuk menghalangi sperma bertemu dengan sel telur. KB IUD ini tidak mengandung hormon yang artinya KB IUD ini sangat baik dipakai untuk Busui.

Sebab diketahui tidak mengandung hormon estrogen dan progesteron, IUD juga tidak mempengaruhi kualitas dan produksi ASI. Kelebihan lainnya adalah KB IUD tidak mempunyai efek samping yang berlebihan. Efek samping yang biasa muncul adalah hanya sebatas mulas ringan, timbul flek, dan keputihan. Namun itu tidak selalu terjadi tergantung dari reaksi setiap tubuh Anda.

Selain itu, ada juga alat kontrasepsi lainnya yang bisa Anda gunakan adalah KB Suntik 3 bulan (Depo) yang hanya berisi dengan hormon progesteron sehingga aman untuk busui. Alat kontrasepsi kondom bisa juga dipakai untuk busui. Diketahui kondom sangat praktis untuk digunakan tanpa harus mengganggu kualitas dan produksi ASI. Namun beberapa Ibu telah mengeluh timbulnya gatal dan panas yang terjadi pada vagina sebab bahan latex pada kondom.

Nah, Anda sudah tahu kan KB jenis apa yang aman untuk Anda yang sedang menjalani masa menyusui. Dan jangan lupa untuk selalu konsultasi dengan dokter dalam memilih mana yang paling cocok untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Batalkan Kehamilan Saat Menyusui | DuniaKebidanan.com | 4.5