Gejala Medis Jika Sering Menggigil Saat Hamil

Gejala Medis Jika Sering Menggigil Saat HamilMenggigil selama kehamilan selain merupakan hal yang normal juga bisa menjadi pertanda bahwa anda mengalami infeksi. Dan beberapa kemungkinan infeksi tersebut anda dapat lihat melalui pembahasan singkat dibawah ini.

Menggigil Selama Kehamilan

Kehamilan adalah salah satu fase dalam hidup yang ingin dialami oleh semua pasangan (perempuan) dan merupakan awal kenyataan dari sebuah impian untuk menjadi seorang ibu.

Pada fase kehamilan tersebut, seorang ibu hamil sedang berada dalam tahap yang paling rentan dalam hidup mereka. Termasuk mengalami kondisi menggigil selama fase kehamilan, dan sekali lagi hal ini adalah kondisi normal selama tidak ada infeksi apapun.

Penyebab Menggigil Selama Kehamilan

Loading...

Selain dalam kondisi normal, mungkin ada beberapa penyebab menggigil selama kehamilan dan beberapa diantaranya adalah:

Viral Gastroenteritis atau flu perut

Flu perut atau viral gastroenteritis ini adalah infeksi usus yang disebabkan karena virus. Dan hal ini umumnya terjadi ketika ibu hamil telah mengkonsumsi mekanan yang terkontaminasi oleh virus.

Beberapa virus penyebab infeksi usus ini seperti norovirus , rotavirus , astrovirus dan adenovirus enterik dengan beberapa gejala yang mungkin menyertainya, diantaranya adalah:

MENARIK:  Eritropoesis Janin Dikendalikan oleh Hormon Eritropoetin Janin

• Menggigil
• Pembengkakan perut
• Diare, mual dan pusing
• Nyeri sendi, Nyeri perut dan kram
• Demam dan kehilangan nafsu makan

Pneumonia

Pneumonia merupakan infeksi yang dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, virus, atau mikroba parasit lainnya yang mempengaruhi paru-paru. Gejala Pneumonia selain demam dan menggigil, beberapa gejala penyerta lainnya seperti:

Sesak napas
• Bernafas cepat dengan rasa sakit seperti menusuk tajam di dada
• Detak jantung cepat
• Kehilangan energi dan loyoh
• Pusing, mual dsb.

Radang usus buntu (Apendisitis)

Radang usus buntu merupakan menggigil selama kehamilan. Hal ini disebabkan ketika usus buntu tersumbat oleh kotoran atau benda asing lainnya seperti kuku, rambut, permen karet dll.

Gejala peradangan usus buntu ini selain menggigil, gejala lain yang biasa menyertainya seperti:

Nyeri perut dan mual
• Demam
• Sakit saat buang air kecil

Preeklampsia

Preeklamsia atau hipertensi akibat kehamilan adalah gangguan yang kompleks dari kehamilan yang terjadi karena perubahan mendadak dalam pembuluh darah yang dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya, seperti hati, ginjal, otak, dan plasenta.

MENARIK:  Kenali Tanda-tanda Perimenopause

Gejala lain yang menyertai kondisi preeklampsia pada ibu hamil seperti adanya protein dalam urin, tekanan darah tinggi, pembengkakan di wajah sekitar mata, wajah, tangan, kaki, mual, menggigil dan demam, sakit kepala, nyeri perut dan menurunnya jumlah urin.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih ( ISK ) atau infeksi kandung kemih merupakan peradangan bakteri pada saluran kemih dan bisa menyebabkan seseorang menggigil termasuk pada ibu hamil.

Beberapa gejala lain yang menyertainya seperti sensasi terbakar saat buang air kecil, Ketidaknyamanan pada panggul atau nyeri perut bagian bawah. Gejala lainnya termasuk merasa sering ingin buang air kecil, urin bercampur darah dan urin berbau busuk.

Infeksi Salmonella

Salmonellosis adalah jenis umum dari infeksi makanan yang mungkin terjadi karena konsumsi makanan yang mengandung bakteri Salmonella.

Umumnya ibu hamil yang mengalami infeksi bakteri salmonella ini ketika mereka sering mengkonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi ataupun mengkonsumsi produk susu mentah, daging dan unggas yang kurang matang, kecambah mentah, dsb.

Selain menggigil, gejala lain yang menyertai infeksi bakteri salmonella ini seperti: sakit kepala, diare, sakit otot, nyeri perut, mual.

MENARIK:  7 Alasan Mengapa Hasil Tes Kehamilan Bisa Salah

Nah ketika anda sering menggigil atau mengamali demam dan menggigil dalam waktu yang lama selama anda menjalani hari-hari kehamilan anda maka sebaiknya untuk periksakan kondisi kesehatan anda pada bidan atau dokter kandungan anda karena jangan sampai penyebab menggigil yang anda sering rasakan adalah karena infeksi mikroba patogen.

Loading...