Loading...

Penyebab Penipisan Dinding Rahim

Penyebab Penipisan Dinding RahimPenipisan dinding rahim umumnya disebabkan oleh suplai darah yang tidak memadai, tingkat estrogen yang rendah ataupun karena adanya kerusakan pada rahim.

Penyebab lain dari penipisan dinding rahim juga bisa karena pengaruh penuaan alami yang menyebabkan penipisan dinding rahim secara bertahap.

Suplai darah yang tidak memadai karena beberapa alasan medis adalah penyebab umum dari lapisan rahim tipis. Meskipun aliran darah uterus agak sulit ditentukan jumlahnya, tetapi beberapa dokter telah mencoba beberapa resep obat untuk memperbaiki masalah ini.

Loading...

Tingkat estrogen yang rendah adalah penyebab umum lainnya dari penipisan dinding rahim. Rendahnya tingkat estrogen normal ini dapat terganggu oleh perubahan hormon, pengaruh obat tertentu dan atau karena kondisi medis seperti sindrom polykistik ovarium.

Penyebab perubahan hormonal lainnya juga bisa terjadi karena faktor penuaan. Perempuan di usia pertengahan 40an akan mengalami penipisan lapisan rahim secara bertahap. Hal ini disebabkan karena penurunan kadar estrogen ( saat perimenopause ataupun menopause) itu sendiri. Dan pada beberapa wanita ditemukan mengalami penipisan dinding rahim diusia 30an.

Kerusakan pada rahim juga menjadi faktor penyebab penipisan dinding rahim. Beberapa bentuk kerusakan pada rahim yang dimaksud adalah adanya jaringan parut, peradangan dan infeksi sehingga dapat menyebabkan suplai darah menjadi kurang memadai.

Tapi untuk masalah ini, prosedur medis telah ditemukan dengan mengangkat jaringan bekas luka dari rahim untuk meningkatkan ketebalan lapisan dinding rahim tersebut.

Sebuah kondisi yang dikenal sebagai adenomiosis menyebabkan lapisan menumpuk di dalam otot-otot rahim dan hal ini juga menyebabkan lapisan dalam rahim menjadi kurang tebal.

Adenomiosis ini belum diketahui penyebabnya secara pasti, tapi kejadian Adenomiosis biasanya serimg ditemukan pada wanita yang lebih tua.

Ada beberapa resep obat yang dapat menyebabkan lapisan rahim tipis. Dan setiap obat yang mengurangi kadar estrogen dapat menyebabkan penipisan dinding rahim. Apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Penyebab Penipisan Dinding Rahim | DuniaKebidanan.com | 4.5