Loading...

Bisakah Berolahraga Pasca Operasi Caesar?

Bisakah Berolahraga Pasca Operasi Caesar?Setelah melewati masa melahirkan terutama jika melakukan operasi Caesar, banyak para ibu lebih memilih untuk tidak berolahraga, Sebab diantara mereka sangat kuatir akan adanya masalah yang timbul pada jahitan di perut. Padahal dengan berolahraga harus tetap dibutuhkan, sebab jika tidak, Anda akan kelihatan lesu, tak mempunyai tenaga, dan otot-otot tubuh pun akan mengendur.

Namun tentu Anda harus selalu berhati-hati pada bekas luka jahitan. Nah, timbul satu pertanyaan, apakah dibolehkan untuk berolahraga pasca operasi Caesar? Dan kapan boleh kembali berolahraga?

Ada beberapa informasi yang mengatakan bahwa, sangat bisa melakukan olahraga 1-2 minggu pasca operasi Caesar, selain itu ada juga yang mengatakan 4-6 minggu pasca operasi Caesar.

Loading...

Pada umumnya untuk melakukan suatu olahraga pasca operasi caesar sebenarnya hanya Anda sendiri yang tahu. Jika jahitan terlihat sudah kering dan sudah tidak ada masalah dengan jahitan di perut, Sebaiknya Anda sudah bisa melakukan latihan secara ringan. Latihan ringan dimaksud seperti latihan yang tidak banyak menguras otot perut. Latihan yang cukup berat baru bisa dilakukan setelah 3 bulan kedepan.

Yoga, Berenang, Bersepeda

Jika Anda beberapa bulan telah berhenti berolahraga, sebaiknya mulailah dengan olahraga low impact, misalnya Yoga, berenang dan bersepeda. Dengan latihan yoga, berenang dan bersepeda ringan sudah bisa dilakukan 1-2 minggu pasca melahirkan, baik itu melahirkan secara normal maupun Caesar (tanpa keluhan bekas jahitan).

Untuk olahraga yoga dalam pasca melahirkan seharusnya fokus pada latihan kegel atau Yoni Exercise, latihan pernapasan, latihan dalam memanjangkan tulang belakang dan rileksasi. Sebaiknya jangan dulu untuk melakukan posisi yang mengaktifkan otot perut.

Selain itu, dengan berenang juga bisa dijadikan sebagai pilihan olahraga ringan. Dengan olahraga berenang akan melatih otot-otot tubuh sehingga kembali lentur. Selain itu, dengan cara berenang juga akan sistem pernapasan yang membuat Anda tidak mudah lelah. Gaya katak sangat ringan dan mudah dilakukan.

Jika saja Anda ingin bersepeda, sebaiknya lakukanlah dengan santai. Jika Anda bersepeda dengan cepat akan membuat otot perut bekerja lebih aktif. Sebaiknya jangan lupa untuk memilih jalan yang bebas lubang dan tidak licin. Pastikan tubuh dalam keadaan tegak ketika Anda bersepeda sehingga tidak menekan bagian perut.

Lari

Lari merupakan olahraga strong effect sebab melibatkan seluruh otot tubuh. Olahraga lari baru bisa dilakukan kembali jika Anda benar-benar sembuh dari pasca operasi Caesar dan tanpa keluhan di bekas jahitan. Jika memang sudah sembuh dan tanpa keluhan, dalam 4 minggu Anda bisa melakukan lari-lari ringan dengan jarak tidak cukup jauh. Normalnya dalam 3 bulan pasca Caesar Anda bisa kembali latihan berlari dengan normal.

Tips:

– Sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda apakah olahraga yang akan Anda pilih cukup aman.

– Sebaiknya untuk memulai olahraga selalu lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga.

– Jika selesai berolahraga dan ada terasa nyeri di sekitar bekas jahitan segera konsultasi ke dokter.

Bisakah Berolahraga Pasca Operasi Caesar? | DuniaKebidanan.com | 4.5