Loading...

Gejala Pembesaran Uterus Serta Penyebabnya

Gejala Pembesaran Uterus Serta PenyebabnyaSalah satu gejala pembesaran uterus adalah nyeri perut. Namun ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan nyeri perut.

Dan untuk memastikan apakah nyeri perut itu merupakan gejala perbesaran uterus atau bukan tentu saja dengan memperhatikan beberapa gejala pembesaran uterus lain yang menyertainya.

Selain itu, pembesaran rahim juga dapat menyebabkan rasa sakit disekitar pinggul, punggung, atau nyeri pada saat berhubungan badan merupakan gejala dari pembesaran uterus.

Loading...

Sebenarnya pembesaran uterus atau rahim biasanya disebabkan oleh beberapa kondisi medis yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Dan berikut ini adalah beberapa kondisi medis yang mungkin berada di balik pembesaran uterus (rahim) seperti:

Menorrhagia

Menorrhagia adalah salah satu bentuk menstruasi Abnormal dimana terjadinya perdarahan menstruasi berat atau berkepanjangan.

Menorrhagia juga ditandai dengan haid tidak teratur dan hadirnya bercak diantara siklus menstruasi. Gejala-gejala ini bisa menjadi indikasi dari pembesaran rahim dan fibroid.

Kenaikan berat badan secara drastis

Kenaikan berat badan secara tiba-tiba tanpa alasan tertentu merupakan salah satu gejala utama. Perluasan disertai dengan kenaikan berat badan secara tiba-tiba, ketidakteraturan menstruasi dan infertilitas merupakan gejala lain dari perbesaran uterus.

Masalah reproduksi

Pembesaran rahim pada usia subur biasanya disertai infertilitas, persalinan prematur, kelahiran prematur, bayi lahir mati, keguguran berulang dan beberappa komplikasi lain yang berhubungan dengan kehamilan dan persalinan. D
Nyeri juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh seperti kaki, sayap, daerah pinggul, punggung, dll Wanita yang terkena bisa mengalami rasa sakit selama hubungan intimual.

Fibroid uterus

Fibroid adalah pertumbuhan non kanker dalam rahim yang biasanya muncul kemudian sejak setahun setelah melahirkan anak. Fibroid rahim bisa muncul tunggal atau dalam berkelompok . Ukuran mereka mungkin berkisar dari yang sebesar kacang sehingga menyebabkan perbesaran rahim.

Kista ovarium

Kista ovarium juga salah satu alasan paling umum dibalik pembesaran ukuran rahim. Kista ovarium sendiri adalah kantung berisi cairan yang dapat terbentuk pada permukaan bagian dalam atau bagian luar dari indung telur.

Kanker endometrium

Pada wanita yang mengidap kanker endometrium juga dapat menyebabkan pembesaran uterus. Dan pada wanita yang mendekati menopause, menjalani terapi penggantian hormon, dan atau sedang dalam proses pengobatan kanker payudara berada pada risiko mengembangkan perbesaran rahim mereka.

Adenomiosis

Kondisi ini ditandai dengan penebalan rahim dan biasanya Adenomiosi sering dialami oleh wanita dikelompok usia 30 dan di atas.

Jadi, pembesaran rahim umumnya disebabkan oleh kondisi medis yang sangat erat hubungannya dengan organ reproduksi wanita.

Gejala Pembesaran Uterus Serta Penyebabnya | DuniaKebidanan.com | 4.5