Loading...

Gejala Penyakit Radang Panggul

Gejala Penyakit Radang PanggulPenyakit radang panggul merupakan infeksi reproduksi wanita yang umumnya di awali dari leher rahim kemudian terus menyebar keatas rahim dan tuba fallopi yang juga turut menyebabkan ovarium ikut terinfeksi jika tidak segera diatasi.

Sementara dalam tubuh wanita, leher rahim adalah pembukaan rahim yang mencegah bakteri masuk dari vagina dan menginfeksi ke organ lain.

Namun dalam kasus infeksi pada serviks yang disebabkan oleh Infeksi Menular Seksual, leher rahim tidak mungkin bisa mencegah bakteri mencapai organ repproduksi lainnya sehingga menyebabkan infeksi pada organ reproduksi internal lainnya.

Loading...

Penyakit radang panggul mengacu pada totalitas untuk semua masalah seperti infeksi organ dan bagian reproduksi seorang wanita, dan termasuk diantaranya adalah Cervicitis (peradangan pada leher rahim) yang juga dapat menyebabkan peradangan pada saluran tuba serta Endometritis (peradangan pada selaput dinding rahim).

Sementara itu, ada banyak alasan mengapa seorang wanita bisa mengalami radang pangggul. Tapi penyebab yang paling umumnya adalah karena melakukan hubungan intimual dengan seseorang yang sudah menderita gonore atau penyakit menular intimual lainnya.

Dan perlu diketahui pula bahwa ada dua bakteri yang paling umum menyebabkan radang panggul yaitu Chlamydia trachomatis dan Neisseria gonorrhea.

Ketika seorang mengalami peradangan panggul ada beberapa gejala yang bisa dirasakan atau dialami oleh pasiennya seperti:

• Demam dan Nyeri di daerah perut bagian bawah
• Ketidakteraturan siklus menstruasi
• Nyeri pada punggung bawah dan nyeri saat buang air kecil
• Mual, muntah dan diare
• Keputihan berwarna kuning atau hijau biasanya memiliki bau yang tidak menyenangkan
• Nyeri dan ketidaknyamanan saat berhubungan intim

Ketika seorang wanita mengalami beberapa gejala diatas maka harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Pada sebagian besar penyakit radang panggul dapat disembuhkan dengan bantuan antibiotik. Jika pengobatan tidak dilakukan tepat waktu atau obat-obatan yang diambil tidak teratur, masalahnya mungkin menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

Dalam arti bahwa jika seseorang sementara menjalani proses pengobatan maka ia harus mengikuti prosedur dan aturan yang telah ditetapkan oleh dokter mereka .

Gejala Penyakit Radang Panggul | DuniaKebidanan.com | 4.5