Sindrom Aspirasi Mekonium dan Pengobatannya

Sindrom Aspirasi Mekonium dan PengobatannyaSindrom aspirasi mekonium adalah suatu kondisi dimana bayi mengalami gangguan pernafasan karena terhirupnya mekonium kedalam paru-paru.

Kondisi mekonium ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan pada bayi seperti iritasi kimia dalam jaringan paru-paru, obstruksi saluran pernapasan, inaktivasi surfaktan dll.

Read More

Kondisi aspirasi mekonium pada janin dapat terjadi sebelum atau selama persalinan yang harus membutuhkan perhatian medis sesegera mungkin.

Tapi sebelum mebahas mengenai pengobatan sindrom aspirasi mekonium ini, mungkin ada baiknya untuk menyinggung sedikit mengenai apa itu mekonium.

Mekonium adalah cairan tinja yang diekskresikan oleh bayi setelah lahir. Mekonium ini berwana gelap kehijauan dan lengket sehingga jika terhirup oleh bayi maka dapat menyebabkan sejumlah masalah pada kesehatan bayi.

Beberapa gejala yang terlihat pada kasus bayi yang mengalami sindrom aspirasi mekonium adalah:

• Warna tubuh bayi menjadi biru atau kehijauan.
• Bayi bernapas cepat
• Denyut jantung menjadi lebih rendah sebelum kelahiran.
• Bayi menjadi lemah dan lemas.

Nah, jika anda menemukan bayi anda dalam kondisi diatas maka segeralah laporkan hal ini pada bidan atau dokter bersalin anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

MENARIK:  Bagaimana Proses Tumbuh Kembang Anak

Dan berkat kemajuan pesat dalam ilmu kedokteran, ada beberapa pilihan pengobatan canggih yang telah tersedia saat ini untuk mencegah aspirasi mekonium pada bayi, seperti yang anda bisa lihat dibawah ini.

• Terapi oksigen
• Penggunaan obat antibiotik
• Penggunaan surfaktan dan menghirup oksida nitrat

Kadang-kadang aspirasi mekonium dapat menyebabkan aspirasi pneumonia. Dan dalam kasus ini, terapi penyelamatan paru akan diberlakukan. Mari kita lihat berbagai terapi yang biasa digunakan sebagai pengobatan pada kondisi ini.

• Penggunaan DeLee Suction Apparatus

Penggunaan alat ini harus segera dimasukkan ke dalam mulut bayi sebelum mulai bernapas atau menangis.

• Therapy surfaktan

Dalam terapi ini, penghapusan penyumbatan dicapai dengan memanfaatkan surfaktan buatan di paru-paru.

• Osilasi dengan frekuensi tinggi (HFO)

Sebuah ventilator khusus untuk memberikan sejumlah dengan oksigen ekstra ke paru-paru bayi pada frekuensi yang lebih tinggi.

• Terapi penyelamatan

Dalam terapi ini, oksida nitrat ditambahkan ke oksigen dalam ventilator. Ventilator ini memperbesar pembuluh darah dan membantu dalam memberikan aliran darah yang cukup dan oksigen ke paru-paru bayi.

MENARIK:  Penyebab Terjadinya Keguguran

• Metode Pengobatan lainnya seperti

– Menggunakan alat penghangat untuk menjaga suhu tubuh bayi tetap normal
– Menekan dada secara pelan-pelan dada
– Menggunakan larutan garam untuk membersihkan dan mencuci saluran udara mekonium yang kental.

Demikianlah mengenai Sindrom aspirasi mekonium diatas semoga ada manfaatnya bagia anda yang ingin mengetahui tentang apa itu sindrom aspirasi mekonium.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pap pepek,keluar di mulut,alat coli,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu