Loading...

Waktu Implantasi Pada Proses Kehamilan

Waktu Implantasi Pada Proses KehamilanImplantasi atau menempelnya sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim adalah proses yang sangat penting dalam proses kehamilan.

Biasanya telur yang dibuahi berimplan pada dinding rahim memakan waktu 6 sampai 12 hari setelah ovulasi.

Kemampuan seorang wanita untuk hamil sangat erat kaitannya dengan menstruasi. Sementara konsepsi (fertilisasi) adalah tahap di mana sel telur dibuahi oleh sperma dan proses pembuahan sendiri memakan waktu sekitar 24 jam. Dan proses pembuahan tersebut diikuti dengan pembelahan telur menjadi sekian banyak sel.

Loading...

Implantasi sendiri adalah proses dimana telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim setelah telur dibuahi oleh sperma pada tuba fallopi.

Telur yang telah dibuahi tersebut umumnya memakan waktu tiga hari untuk meninggalkan tuba fallopi dan bergerak masuk ke rahim. Setelah itu, sel telur menempel pada lapisan endometrium untuk berimplan disana.

Implantasi telur yang dibuahi tersebut biasanya terjadi 6 sampai 12 hari setelah ovulasi. Proses implantasi ini mungkin terjadi antara hari ke 20 sampai hari ke 23 dari siklus menstruasi.

Waktu implantasi telur pada lapisan endometrium tersebut dapat bervariasi, tergantung pada panjang siklus menstruasi seorang wanita.

Konsepsi dan Implantasi

Rata-rata panjang siklus menstruasi bulanan pada wanita dianggap 28 hari. Namun pada kenyataannya bisa berkisar antara 28-35 hari.

Aliran menstruasi, penebalan lapisan rahim dan ovulasi adalah perubahan siklus fisiologis yang terjadi akibat perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron. Ovulasi sendiri mengacu pada pelepasan telur yang sudah matang yang terjadi dua minggu setelah periode terakhir.

Dalam kasus siklus 28 hari, ovarium melepaskan satu telur yang matang (ovum) pada hari ke empat belas. Telur ini kemudian bergerak dari ovarium ke rahim, melalui tuba fallopi.

Dan sebagai prasarat seorang wanita untuk hamil, telur harus menyatu dengan sperma untuk membentuk zigot diploid sel. Zigot ini, maka akan berubah menjadi blastocyst.

Hari pertama periode dianggap hari pertama siklus menstruasi dan telur yang telah dibuahi akan berimplan seminggu sebelum dimulainya siklus berikutnya. Jika proses pembuahan tidak terjadi atau telur yang telah dibuahi tidak berimplan, maka blastokista dibuang dari tubuh melalui menstruasi.

Implantasi pada IVF

Dalam fertilisasi in vitro (IVF) adalah proses pembuahan sel telur oleh sperma di luar tubuh merupakan teknik yang disarankan untuk wanita yang tidak bisa hamil.

Ada lima tahap utama dari IVF yang dimuali dari stimulasi ovarium, pengambilan telur, pembuahan, pemilihan kualitas embrio, dan transfer embrio. Dalam kasus IVF, telur akan dimplan setelah 6 sampai 12 hari dari pengambilan telur. Telur mencapai tahap blastokista biasanya lima hari setelah transfer embrio.

Waktu Implantasi Pada Proses Kehamilan | DuniaKebidanan.com | 4.5