Loading...

Mencegah Bayi Meninggal Ketika Persalinan

Mencegah Bayi Meninggal Ketika PersalinanBayi meninggal ketika persalinan memang banyak akibatnya, bisa yang disebabkan oleh keracunan, kesalahan dalam proses persalinan, terkenanya virus, dan salah satunya bisa diakibatkan karena posisi tidur yang salah.

Sebab berdasarkan pada penelitian terbaru di Selandia Baru, menganjurkan kepada para ibu hamil untuk tidur dengan posisi miring ke kiri dengan tujuan untuk mengurangi risiko kematian pada bayi yang akan dilahirkan. Hal tersebut menjadi solusi sementara terhadap banyaknya bayi yang meninggal ketika dilahirkan di seluruh dunia.

Sebagian penelitian yang dipegang oleh peneliti dari Organisasi Kesehatan Dunia telah mendapatkan bahwa lebih dari 2,6 juta bayi meninggal ketika persalinan, atau dengan kata lain setiap hari lebih dari 7.200 bayi meninggal ketika dilahirkan. Untuk lebih kanjut Tim Stacey melakukan wawancara kepada 155 perempuan di Auckland yang melahirkan bayi meninggal, antara Juli 2006 dan Juni 2009 saat mereka setidaknya hamil 28 minggu. Mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol 310 wanita dengan kehamilan yang sedang berlangsung.

Loading...

Tetapi memang para peneliti telah mengungkapkan, bahwa ibu hamil tidak perlu khawatir sebab risikonya masih sangat kecil. Diketahui bahwa kemungkinan adanya bayi lahir meninggal dari ibu hamil yang tidur tidak miring ke kiri hanya 3,93 per 1.000 angka persalinan. Dan angka kematian akan mengalami penurunan menjadi 1,96 per 1.000 persalinan, jika ibu hamil tidur dalam posisi miring kiri.

Hubungan janin meninggal dengan tata cara tidur tepat yang signifikan juga didapatkan antara tidur teratur pada siang hari, atau tidur lebih lama di malam hari yang dilakukan oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan karena adanya hubungan antara aliran darah ke bayi dari ibu hamil. Dari hasil penelitian ini merupakan hipotesis baru dan harus mulai melihat masalah ini lebih dekat dan harus dilakukan penelitian lebih lanjut di masa depan.

Walaupun penelitian ini belum terlalu mendalam, tapi untuk sementara telah didapatkan cara yang sederhana, murah dan alami untuk mengurangi banyaknya janin lahir meninggal, sehingga tidak harus memakai obat dan tidak ada efek samping. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda memulai untuk melakukan tidur posisi miring ke kiri, dengan tidur siang teratur dan mencukupkan tidur malam. Dan untuk meningkatkan porsi tidur di malam hari, bisa diperoleh dengan cara senam hamil.

Mencegah Bayi Meninggal Ketika Persalinan | DuniaKebidanan.com | 4.5