Loading...

Gejala Hamil pada Minggu Pertama Setelah Pembuahan

Gejala Hamil pada Minggu Pertama Setelah PembuahanGejala kehamilan biasanya sudah terlihat di mulai antara satu hingga dua minggu setelah terjadinya pembuahan.

Gejala awal kehamilan ini dapat terlihat dari perubahan fisik dan mental / emosional, dan gejala yang paling pasti adalah periode terjawab dan payudara atau puting terlihat sedikit membesar pada sore hari.

Dan untuk memastikan apakah anda hamil atau tidak, anda bisa melakukan tes kehamilan.

Loading...

Gejala kehamilan seperti dua minggu setelah pembuahan, anda mungkin melihat atau merasakan puting anda terasa gatal atau payudara anda mungkin membesar dan sakit (rasa sakitnya mirip ketika anda hendak mentruasi).

Gejala awal kehamilan pada satu minggu setelah pembuahan yaitu warna areola akan terlihat lebh gelap dari biasanya. Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang terjadi ketika terjadi pembuahan.

Beberapa gejala awal kehamilan lainnya dapat anda lihat seperti dibawah ini:

Periode terjawab

Periode terjawab adalah gejala awal kehamilan yang paling sering umum namun terlambat haid anda tidak selalu berarti anda sedang hamil.

Merasa kelelahan

Kelelahan adalah gejala awal kehamilan lainnya, hal ini terjadi karena tingginya level progesteron. Dan untuk menghilangkan rasa lelah ini maka anda perlu banyak beristirahat, makan makanan sehat dan sedikit gerolahraga ringan yang disarankan oleh bidan anda.

Pusing

Pada awal kehamilan biasanya diikuti rendahnya kadar gula darah sehingga memungkinkan anda merasakan pusing. Dan untuk mengurangi rasa pusing ini, usahakan makan setiap beberapa jam dalam porsi yang kecil dengan mengknsumsi makanan sehat seperti karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran dan protein.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah (morning sickness) dapat muncul sekitar dua minggu setelah pembuahan. Oleh karena itu, sering-seringlah minum air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Kekurangan asam folat juga dapat memicu mual selama kehamilan, jadi pastikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang penting ini.

Sering Buang air kecil

Gejala awal kehamilan lainnya seperti sering buang kecil. Hal ini terkadang anda alami bahkan sebelum terlambat haid. Hal ini terjadi karena pengaruh kadar hCG dalam tubuh anda.

Seringnya buang air kecil terus berlanjut dan semakin intens ketika janin dalam kandungan semakin membesar sehingga memberikan tekanan pada kandung kemih.

Bercak

Hadirnya bercak sebagai pendarahan implantasi ini merupakan gejala awal kehamilan. Bercak dapat terjadi ketika telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim yang terjadi kira-kira sepuluh sampai 14 hari setelah pembuahan.

Jika anda mengalami pendarahan yang cukup mengkhawatirkan atau perdarahan berat dan atau perdarahan yang berhubungan dengan kram parah maka segeralah mencari bantuan medis.

Sembelit

Tingginya level progesteron selain kelelahan yang berhubungan dengan kehamilan, juga dapat menyebabkan sembelit.

Dan untuk masalah sembelit ini, cobalah minum banyak air dan makan buah-buahan yang penuh serat, sayuran dan jenis sereal.

Mulas

Rasa mulas yang berhubungan dengan gejala kehamilan terjadi karena kondisi pencernaan mulai melambat karena pengaruh hormon anda.
Pengaruh hormon ini juga akan mengendurkan katup yang membuat asam lambung dalam sistem pencernaan anda meningkat, hal ini seringkali seseorang menderita sakit maag.

Hindari minuman bersoda, makanan yang tinggi asam dan perbanyaklah minum air sekitar 30 menit sebelum atau 60 menit setelah makan.

Mengidam makanan tertentu

Perubahan hormon yang terjadi setelah pembuahan juga mempengaruhi indra penciuman sehingga anda mungkin mengidamkan makanan tertentu serta menolak jenis makanan lainnya.

Perubahan suasana hati

Pada awal kehamilan, mungkin anda sangat sensitif dan terkadang sangat sedih, menangis bahkan stress hanya karena hal-hal sepele. Dan kesemua perubahan suasana hati tersebut sangat terkait dengan fluktuasi hormonal.

Demikianlah gejala awal kehamilan diatas dan semoga menjadi informasi yang cukup berharga dalam memastikan bahwa anda sedang hamil atau tidak sehingga bisa lebih cepat mengambil hal-hal yang dibutuhkan oleh anda dalam memanajemen kehamilan anda.

Gejala Hamil pada Minggu Pertama Setelah Pembuahan | DuniaKebidanan.com | 4.5