Loading...

Kegunaan Senam Kegel bagi Ibu Hamil

Kegunaan Senam Kegel bagi Ibu HamilKegunaan senam kegel pada mulanya dikenal untuk mencegah ketidaksanggupan menahan pipis (inkotinensia) pada wanita. Terjadinya gangguan kesehatan ini biasanya terjadi setelah pasca persalinan, tetapi bisa juga diakibatkan karena faktor lain.

Dengan melakukan senam ini bisa mencegah terjadinya inkotinensia sebab bisa melatih atau menguatkan otot-otot dasar panggul (pelvic floor muscle). Senam kegel masuk dalam kategori salah satu gerakan senam hamil, sebab bisa membantu dalam persalinan normal yang lebih mudah.

Selain untuk mencegah dalam ketidakmampuan untuk menahan pipis pada wanita, kegunaan senam kegel juga untuk kesehatan dalam berhubungan suami isteri. Hal ini disebabkan sehat dan kuatnya otot-otot dasar panggul menyimpan peranan dalam orgasme wanita. Selain dilakukan pada wanita, pria juga bisa melakukan gerakan senam kegel dalam membantu mengendalikan proses ejakulasi (long lasting).

Loading...

Jika senam kagel dilakukan pada saat nifas, akan membantu atau memperlancar penyembuhan pada luka robekan perineum (jika ada). Sedangkan jika dilakukan oleh ibu hamil, bisa menghasilkan kegunaan besar yang diantaranya adalah:

1. Mengatasi robeknya perineum,
2. Kurangnya resiko urinasi seperti inkontinensia (ketidakmampuan menahan pipis) setelah persalinan,
3. Kurangnya resiko hemoroids (ambein) pada wanita,
4. Mempermudah proses jalannya persalinan, sebab gerakan senam kegel akan memperkuat otot dan lebih terkendali.

Gerakan Senam Kegel

Untuk memulai melakukan senam kegel, pertama-tama Anda harus mengenali otot dasar panggul yang benar (yang akan dilatih) yaitu ototpubo-coccyygeus. Adapun latihan senam kegel bisa dillakukan dengan menyetop pipis ketika sedang pipis kemudian pipis lagi (Stop and Go). Atau dengan cara lain yaitu dengan memasukkan jari ke dalam vagina, kemudian lakukan gerakan menahan pipis, jika jari Anda terasa terjepit maka itulah otot yang akan digerakkan atau dilatih.

Jika Anda sudah mengetahui bagian otot mana yang akan dilatih, maka gerakkan otot tersebut selama 3 hingga 10 detik kemudian di lemaskan. Lakukan gerakan ini selama 10 hingga 20 kali atau akan lebih baik dilakukan sampai Anda terasa capek. Lakukan latihan ini minimal 3 kali sehari. Dan bisa dilakukan dimana saja kok, baik itu ketika sedang duduk di kantor, di mobil, di bus, ketika menunggu diruang tunggu praktek dan tempat-tempat lainnya. Sebaiknya bernafaslah secara normal dan jangan sampai kaki, bokong dan otot perut bergerak selama melakukan senam kegel ini.

Kegunaan Senam Kegel bagi Ibu Hamil | DuniaKebidanan.com | 4.5