Loading...

Risiko Kanker Payudara di Masa Dewasa

Risiko Kanker Payudara di Masa DewasaKalau Anda seorang gadis remaja, sebaiknya kurangilah untuk makanan yang berlemak tinggi mulai sekarang juga, sebab bisa membuka peluang untuk timbulnya kanker payudara di masa yang akan datang, bahkan kalau tidak membuat Anda menjadi gemuk atau kelebihan berat badan.

Beberapa ilmuwan Michigan State University (MSU) telah menunjukkan bahwa diet lemak selama memasuki masa dewasa akan mudah mendapatkan risiko terkenanya kanker payudara.

“Memasuki masa pubertas sangatlah penting, sebab pada masa itulah kerangka dasar akan dibuat untuk mengembangkan kelenjar susu,” ungkap profesor fisiologi Sandra Haslam, direktur Pusat Kanker Payudara dan Riset Lingkungan MSU.

Loading...

Selain itu, dia telah melanjutkan, “Apa yang sudah kita lihat dari penelitian pendahuluan pada hewan merupakan bahwa dengan diet tinggi lemak selama masa pubertas bisa mengakibatkan respon inflamasi yang akan merangsang sistem pada pertumbuhan kanker di masa dewasa.”

Dalam studi sebelumnya, para peneliti telah menunjukkan bahwa hormon progesteron telah berfungsi dalam gen-gen tertentu yang mengakibatkan respons peradangan di kelenjar susu. Pada tahap ini bisa berperan penting untuk perkembangan kanker payudara. Dalam penelitian tersebut, diet tinggi lemak selama pubertas telah diketahui akan mempunyai efek yang sama dengan progesteron, ujar Sandra Haslam.

Penelitian lebih lanjut masih sangat dibutuhkan. Sementara itu, Bagi Anda para remaja putri seharusnya untuk selalu memperhatikan hasil penelitian ini dengan sangat serius. Anda tidak pernah terlalu muda untuk menjaga pola makan Anda untuk selalu tetap sehat dan seimbang.

Makanan seperti kentang goreng, pizza, es krim, sosis, keju, sop sandung lamur serta sate kambing merupakan makanan yang tergolong sangat lezat, akan tetapi kurangilah porsi dan frekuensinya. Sebaiknya makanlah lebih banyak sayuran, buah-buahan, unggas dan ikan.

Risiko Kanker Payudara di Masa Dewasa | DuniaKebidanan.com | 4.5