Loading...

Menu Sahur untuk Ibu Hamil Muda

Menu Sahur untuk Ibu Hamil MudaDalam menjalankan puasa untuk Ibu hamil muda khususnya berpuasa di bulan Ramadhan tentu masih menjadi salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan. Kewajiban tersebut tidak akan hilang selama sang ibu masih sanggup dalam menjalani ibadah puasa tersebut.

Tetapi jika Ibu hamil muda tersebut telah merasakan mual muntah yang sangat berlebihan dan akan membuat kondisi terlalu lemas, lebih baik puasa Anda ditunda terlebih dahulu.

Ibu hamil muda terutama pada trimester pertama pada umumnya akan mendapatkan perubahan hormonal yang menimbulkan naiknya produksi asam lambung, dan mengakibatkan terjadinya rasa mual dan muntah serta menggangu sistem metabolisme tubuh. Muntah terus berulang, akan meningkatkan resiko terjadinya kekurangan nutrisi dan dehidrasi. Padahal pada usia kehamilan ini merupakan salah satu pembentukan otak dan jaringan saraf pada janin didalam kandungan.

Loading...

Menu Sahur Ibu Hamil

Jika Ibu hamil muda tidak mengalami muntah, asupan gizi ketika sedang sahur harus lebih ditingkatkan. Nah, inilah menu makanan bagi Ibu Hamil Muda ketika ingin melaksanakan sahur yang telah dianjurkan adalah:

1. Sebaiknya untuk konsumsi makanan yang mencakup 4 sehat 5 sempurna. Sebagai contoh yaitu seperti 50% yang terdiri dari karbohidrat, 30% protein, dan terdiri dari 10 hingga 20% lemak. Adapun menu yang telah mengandung karbohidrat adalah nasi dan gandum. Sedangkan menu makanan yang mengandung protein tinggi seperti ayam, daging dan tahu/tempe.

2. Selalu mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sehingga dapat memperlancar buang air besar sehingga terhindar dari resiko wasir.

3. Dianjurkan untuk minum susu hamil untuk menambah kekuatan tubuh.

4. Sebaiknya jauhi untuk konsumsi makanan yang terlalu pedas.

5. Konsumsi supleman yang telah diberikan oleh dokter kandungan Anda dan perbanyak minum air putih.

6. Lakukan makan sahur tidak dengan secara terburu-buru.

Menu Sahur untuk Ibu Hamil Muda | DuniaKebidanan.com | 4.5