Loading...

Berbagai Perubahan yang Terjadi Pasca Melahirkan

Berbagai Perubahan yang Terjadi Pasca MelahirkanSejumlah penelitian telah menemukan bahwa kesehatan pada perempuan yang sudah mempunyai anak sangat berbeda dari mereka yang belum pernah merasakan proses melahirkan.

Ketika sudah menjadi seorang Ibu akan memunculkan berbagai manfaat bagi kesehatan, tetapi juga akan meningkatkan beberapa risiko gangguan kesehatan Anda, dan biasanya akan mengakibatkan perubahan yang jarang Anda temui sebelumnya.

Perubahan-perubahan tersebut di antaranya yaitu:

Loading...

Perubahan yang Baik

• Kurangnya Risiko Kanker Payudara

Di masa kehamilan seorang perempuan tidak mendapatkan menstruasi. Ternyata dengan hal ini akan mengurangi paparan hormon tertentu yang menyangkut pada risiko munculnya kanker payudara. Dengan cara menyusui juga akan mengurangi risiko terjadinya kanker payudara sebab dalam proses ‘pematangan’ yang dialami sel-sel payudara untuk bisa memproduksi ASI kemungkinan dengan mengatasi sel-sel tersebut yang akan berkembang menjadi sel kanker.

• Mengurangi Risiko Gangguan Kardiovaskular

Perempuan yang dalam proses menyusui lebih dari 12 bulan telah mempunyai risiko 10 hingga 15% lebih rendah untuk menderita hipertensi, diabetes, dan gangguan kardiovaskular dibandingkan dengan seorang ibu yang tidak menyusui.

Lebih Pintar

Di bulan pertama kehamilan, Anda biasanya mengalami amnesia serta mengalami kebingungan. Namun, hal tersebut sebenarnya otak Anda sedang mengalami perkembangan sejalan dengan kelahiran tiap anak. Hippocampus, diketahui sebagai bagian otak yang akan mengatur memori spasial dan proses belajar akan meningkat lebih besar ukurannya sejak masa kehamilan.

Perubahan yang Buruk

• Meningkatnya Risiko Stres

Sejumlah ibu akan berpikiran bahwa kondisi kebugaran mereka mengalami penurunan dan tingkat keletihan mereka akan lebih tinggi dibanding perempuan yang tidak mempunyai anak. Ketika sudah berstatus sebagai orangtua biasanya membuat kehidupan kita lebih mengalami stres. Namun, jangan khawatir Bu. Karena, tubuh juga akan secara otomatis akan memproduksi hormon-hormon yang akan membantu untuk menghadapi penyakit stres.

• Risiko Obesitas

Salah satu peneliti telah mengatakan bahwa dengan setiap anak yang dilahirkan oleh seorang perempuan, risiko sang ibu mengaalami obesitas akan meningkat 7 persen. Dengan kesibukan dalam mengurus anak-anak memang membuat para ibu sulit memperoleh waktu yang luang dalam berolahraga dan memasak makanan bergizi seimbang bagi diri sendiri.

Berbagai Perubahan yang Terjadi Pasca Melahirkan | DuniaKebidanan.com | 4.5