Loading...

Konsumsi Ikan Lele untuk Pertumbuhan Janin

Konsumsi Ikan Lele untuk Pertumbuhan JaninUntuk meningkatkan pertumbuhan janin agar selalu maksimal tentu sangat diharapkan oleh setiap ibu hamil. Tapi tahukah Anda, ada cara yang cukup gampang dan murah untuk memenuhi hal tersebut, yaitu dengan selalu mengkonsumsi ikan lele.

Sebab Ikan Lele akan membantu dalam sistem pertumbuhan janin dalam kandungan dan juga sangat baik untuk kesehatan jantung sebab memiliki rendah lemak.

Protein yang terdapat pada ikan air tawar termasuk ikan lele mengandung semua asam amino esensial yang dalam jumlah yang cukup. Protein ikan ini juga mengandung lisin dan metionin yang lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang terdapat pada susu dan daging. Ikan darat pada dasarnya juga mengandung protein dengan kadar metionin dan sistin yang tinggi.

Loading...

Diketahui ikan lele telah mengandung protein dengan kadar lisin yang lebih tinggi dibanding dengan daging sapi. Leusin ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak-anak dan selalu menjaga keseimbangan nitrogen pada orang dewasa.

Leusin juga berfungsi dalam pergantian dan pembentukan protein otot, membantu jalannya pertumbuhan. Sedangkan untuk asam amino lisin menjadi kerangka bagi niasin dan berfungsi dalam pengobatan penyakit herpes.

Ikan Lele Mengandung Fosfor

Kapasitas fosfor pada ikan lele lebih tinggi dibanding dengan nilai fosfor pada telur dan zat ini berguna sebagai pemberi sumbangan energi dan kekuatan dalam metabolisme lemak dan pati, untuk menunjang kesehatan gigi dan gusi, sintesis DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium.

Kebutuhan zat fosfor pada ibu hamil memerlukan lebih banyak, dalam pembentukan tulang janin. Dan jika asupan fosfor kurang, maka janin akan mengambilnya lewat tulang ibu. Hal ini yang menjadi akibat tulang menjadi keropos pada wanita lebih tinggi dibandingkan pria. Kebutuhan fosfor akan terpenuhi jika konsumsi protein juga diperhatikan.

Omega-3 pada Ikan Lele

Walau diketahui kandungan omega-3 pada ikan lele tidak begitu banyak dibandingkan dengan ikan laut. Tapi apabila Anda mengkonsumsi secara rutin tentu akan meningkatkan pertumbuhan otak janin agar nantinya lebih menjadi cerdas. Hal ini disebabkan karena asam lemak omega-3 berfungsi sangat penting dalam proses tumbuh kembang sel-sel saraf termasuk sel otak pada janin di dalam kandungan.

Karbohidrat yang terdapat pada ikan lele sangatlah sedikit, yaitu sekitar 0 sampai 1,7 persen yang terdapat dalam bentuk glikogen. Bahkan ikan lele dari jenis genus Ictalaurus punctatus tidak terdapat kandungan karbohidrat sebab kadar lemaknya yang cukup tinggi sebagai sumber energi. Hal ini tentu sangat diperlukan oleh ibu hamil agar tetap terlihat bugar.

Konsumsi Ikan Lele untuk Pertumbuhan Janin | DuniaKebidanan.com | 4.5