Loading...

6 Kemungkinan Penyebab Nyeri Pada Payudara

Penyebab Nyeri Pada PayudaraPada umumnya wanita yang merasakan nyeri pada payudara kiri mereka mengarah pada satu penyakit yang paling mematikan, yaitu kanker payudara. Padahal sesungguhnya nyeri payudara tidak hanya semata-mata karena gejala kanker payudara.

Dalam dunia medis sendiri, nyeri payudara sering diistilahkan dengan mastalgia, mastodynia dan mammalgia. Dan nyeri payudara merupakan suatu kondisi umum pada perempuan yang pramenopause dan pasca menopause.

Nyeri payudara dapat digambarkan sebagai sensitivitas yang terjadi secara terus menerus atau terasa lembut, jaringan payudara terasa ketat (menegang).

Loading...

Nyeri payudara yang parah mungkin dialami oleh perempuan selama periode atau selama siklus menstruasi. Tapi lebih sering terjadi pada wanita muda pra-menopause, meskipun juga dapat terjadi pada wanita-wanita postmenopause.

Nyeri di dan di sekitar payudara kiri selain karena gejala kanker juga dapat disebabkan karena faktor medis lainnya.

Jadi jangan langsung kaget atau depresi ketika anda mengalami nyeri payudara baik yang terjadi secara konsisten ataupun hanya sekali-kali. Dan beberapa faktor yang enyebabkan nyeri payudara kiri seperti:

Fibroadenoma

Fibroadenoma kecil, keras kenyal, benjolan non kanker yang terdiri dari jaringan fibrosa dan kelenjar.

Tidak seperti benjolan kanker payudara, benjolan fibroadenoma dapat dengan mudah dipindahkan dan memiliki garis yang jelas. Benjolan ini sering menjadi penyebab rasa sakit pada payudara, apakah kiri atau kanan, yang mungkin, kadang-kadang, mencakup ketiak dan 2 cm ke arah belakang.

Fluktuasi hormonal

Fluktuasi hormon sebelum atau selama periode, seperti sindrom pramenstruasi (PMS) dapat menjadi alasan di balik nyeri payudara dimana jaringan fibrokistik menjadi lebih lembut dan lebih sensitif pada saat itu.

Fluktuasi hormonal selama kehamilan, pubertas, menyusui dan menopause juga sering menyebabkan payudara nyeri dan terasa lembut ketika disentuh dengan jari.

Terapi Penggantian Hormon

Fluktuasi hormonal yang dialami oleh tubuh ketika menjalani terapi penggantian hormon dapat menyebabkan nyeri pada payudara.

Mastitis

Mastitis adalah suatu kondisi yangterjadi karena adanya penyumbatan ataupun infeksi pada saluran susu yang mungkin terjadi akibat menyusui, kerusakan hati akibat alkohol atau trauma/cedera pada payudara.

Pengaruh obat

Obat-obat tertentu seperti Aldomet, aldactone dan kalium, Anadrol, klorpromazin dapat menyebabkan sensitivitas pada jaringan payudara.

Demikianlah beberapa faktor penyebab nyeri payudara kiri selain dari gejala kanker diatas semoga mejadi informasi yang bernilai bagi anda.

6 Kemungkinan Penyebab Nyeri Pada Payudara | DuniaKebidanan.com | 4.5