Loading...

Penyebab Nyeri Perut Sebelah Atas Selama Hamil

Penyebab Nyeri Perut Sebelah Atas Selama HamilSering mengalami nyeri perut sebelah atas selama kehamilan tidak selamanya harus dianggap normal atau enteng-enteng saja, karena tidak sedikit nyeri perut bagian atas selama kehamilan terkadang merupakan gejala medis yang cukup serius.

Nyeri perut atas selama kehamilan dapat menjadi indikator sejumlah masalah. Masalah-masalah ini mungkin atau mungkin tidak berhubungan langsung dengan kehamilan.

Dalam kasus apapun, sakit perut dapat disebabkan oleh kondisi serius dan disarankan untuk mencari bimbingan medis. Jika rasa sakit sering terjadi dan berlangsung dalam waktu yang lama, maka anda harus mengunjungi dokter segera.

Loading...

Kelebihan hormon dalam tubuh yang diproduksi sebagai hal yang alami saat kehamilan cenderung memperlambat proses pencernaan. Hal ini menyebabkan beberapa gangguan pencernaan yang menyebabkan nyeri perut bagian atas selama kehamilan.

Salah satu gangguan pencernaan paling umum yang menyebabkan nyeri perut adalah sembelit yang juga dapat menyebabkan nyeri pada perut kanan atas saat hamil dan maupun nyeri perut bagian bawah.

Melakukan perendaman dalam air hangat atau berolahraga teratur akan membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh sembelit.

Penyebab nyeri perut atas saat hamil

Gangguan pencernaan lain yang dapat menyebabkan nyeri perut kanan atas selama kehamilan adalah gastritis.

Gastritis yang disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang mengandung rempah- rempah yang berlebihan, makanan yang berkafein atau iritasi perut lainnya menyebabkan selaput perut meradang sehingga menyebabkan nyeri di daerah perut tengah dan perut kanan atas.

Keasaman dan gastritis dapat dikontrol melalui resimen diet tertentu dan ini dapat membantu meringankan sakit perut selama kehamilan.

Hiatus hernia merupakan penyebab lain dari sakit perut kanan atas selama kehamilan. Kondisi ini terjadi ketika ada pembukaan yang abnormal atau robek pada diafragma sehinga perut bergerak ke arah dada. Hal ini dapat menyebabkan perut menjadi tertekan dan atau bahkan memutar sehingga menimbulkan nyeri perut bagian atas selama kehamilan.

Adanya batu di kantong empedu juga bisa menyebabkan nyeri perut kanan atas selama kehamilan. Nyeri ini seperti kram di daerah perut bagian atas dan terjadi terutama setelah mengkonsumsi makanan berlemak. Dan jika kram ini disertai muntah atau demam, maka anda harus menghubungi dokter segera mungkin.

Kehamilan ektopik dapat mengakibatkan nyeri perut bagian atas selama awal kehamilan. Kehamilan ektopik adalah ketika ada implantasi janin di luar rahim.

Janin mungkin mulai tumbuh, baik pada sepanjang tuba falopi ataupun pada bagian dalam rongga perut. Ketika terjadi implantasi, hal ini merusak struktur sekitarnya sehingga dapat menyebabkan nyeri perut bagian atas selama kehamilan.

Penyebab Nyeri Perut Sebelah Atas Selama Hamil | DuniaKebidanan.com | 4.5