Loading...

Tanda-Tanda Persalinan Normal

Tanda-Tanda  Persalinan NormalTanda persalinan normal sangat penting artinya dipahami untuk menentukan pilihan dan persiapan pada saat proses persalinan nantinya. Apakah dengan menempuh cara caesar ataupun dengan persalinan melalui jalan lahir (persalinan normal).

Dengan mengetahui ciri-ciri persalinan normal tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi calon ibu dalam menata stres mereka yang biasa nya semakin meningkat disaat menjelang proses persalinan.

Bagi calon ibu yang baru pertama kalinya menjalani kehamilan mereka biasanya sangat banyak pertanyaan dalam hati mereka khususnya cara dan pilihan yang akan mereka tempuh saat proses persalinan nantinya.

Loading...

Nah bagi anda yang juga seorang calon ibu yang ingin mengetahui gambaran mengenai proses persalinan normal (persalinan melalui vagina), berikut adalah 10 tanda-tanda persalinan normal seperti:

Tanda-tanda Persalinan Normal

• Nyeri persalinan pada awal persalinan, nyeri hanya berlangsung selama 8-14 jam.
• Pelebaran leher rahim harus diantara 1 hingga 10 sentimeter.
• Jika serviks melebar sampai 3 sampai 4 sentimeter makadisebut sebagai persalinan aktif, dan ini merupakan tahap pertama persalinan ketika anda dirawat di rumah sakit
• Ketika bayi hampir keluar, pelebaran leher rahim adalah 10 cm,
• Ketika mencoba untuk melahirkan bayi, dokter merasakan adanya dilatasi serviks. Dia akan menempatkan tangan di vagina sampai ke leher rahim untuk merasakan bagian-bagian tubuh bayi. Jika semuanya normal, ia harus menemukan kepala bayi. Jika ada bagian tubuh lain terutama pantat atau kaki dirasakan itu tidak normal dan caesar mungkin diperlukan.
• Karena kepala bayi ditemukan akan turun dalam banyak kasus, dokter terus memeriksa leher rahim dan khususnya penipisan serviks. Hal ini diukur dalam persentase.
Panjang normal leher rahim adalah antara 3 dan 4 cm. Saat dimulainya persalinan, leher rahim mulai berkembang dan dan meipiss. Jika serviks ditemukan menjadi 2 cm, penipisannya adalah sekitar 50 persen.

• Bagian tulang panggul ibu yang dirasakan oleh dokter selama ujiannya memiliki spina iskiadika. Lokasi ini menentukan apa yang disebut stasiun bayi. Stasiun bayi ditentukan oleh jarak antara menghadirkan tubuh (biasanya kepala) bayi untuk lokasi spina iskiadika ibu. Ibu perlu memiliki stasiun bayi pada 0.

Stasiun didefinisikan terletak di antara tingkat -5 sampai +5 berdasarkan lokasi spina iskiadika. Pada tingkat 0, bagian atas kepala bayi berada pada spina iskiadika.

Jika bayi berada pada tingkat yang positif dari stasiun, itu berarti bayi telah melewati spina iskiadika dan lebih dekat dengan persalinan.

Jadi, ketika mendengar dokter mengatakan, 4 cm. dilatasi / 50% menipis / -1 stasiun di ruang bersalin, serviks yang melebar dengan 4 cm, telah menipis sebesar 50 persen dan -1 merupakan indikasi posisi kepala bayi.

Kontraksi teratur dengan diagnosis tersebut di atas berarti berada pada tahapan persalinan. Anda harus melahirkan dalam waktu 8 sampai 12 jam jika tidak sebelumnya.

Ada tiga tahapan kerja, dan Anda harus pergi melalui semua tiga tahap untuk sampai ke hasil akhir, alias bayi. Panjang dan durasi tiga tahap ini mungkin sedikit berbeda untuk setiap wanita.

Demikianlah beberapa tanda-tanda persalinan yang normal semoga ada manfaatnya bagi pembaca dunia kebidanan ini, terima kasih….

Tanda-Tanda Persalinan Normal | DuniaKebidanan.com | 4.5