Loading...

Penyebab Ketuban Pecah Secara Dini

Penyebab Ketuban Pecah Secara diniPecahnya ketuban secara dini sebelum persalinan dimulai apalagi jika terjadi sebelum 37 minggu kehamilan dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Penyebab pecahnya ketuban disaat-saat akhir kehamilan karena secara alamiah membran ini akan melemah dan juga karena pengaruh kontraksi.

Namun untuk pecahnya ketuban secara dini sebelum usia kehamilan 37 minggu umumnya disebabkan oleh infeksi dalam rahim.

Loading...

Beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan pecahnya ketuban secara dini adalah sebagai berikut:

• Infeksi penyakit menular intimual, seperti klamidia dan gonore
• Rendahnya perawatan prenatal
• Pernah mengalami kelahiran prematur sebelumnya
• Perdarahan pada vagina
• Merokok selama kehamilan
• Dan penyebab yang belum diketahui lainnya.

Kejadian ketuban pecah dini perlu mendapatkan perhatian medis yang lebih serius mengingat kondisi ini menyebabkan kelahiran prematur serta risiko lain seperti pengembangan infeksi yang serius dari jaringan plasenta ( chorioamnionitis) yang bisa sangat berbahaya bagi ibu dan bayi.

Komplikasi lain yang mungkin terjadi meliputi solusio plasenta, kompresi tali pusat, kelahiran sesar, dan infeksi yang terjadi setelah persalinan.

Ketuban Pecah Dini

Gejala pecahnya ketuban secara dini mungkin berbeda-beda untuk setiap ibu hamil, namun beberapa gejalanya mungkin termasuk semburan cairan dari vagina atau membuat pakaian dalam ibu basah terus.

Jika kondisi ini anda alami maka segera konsultasikan kedokter kandungan anda untuk dilakukan diagnosa yang tepat.

Diagnosa ketuban pecah dini ini meliputi pemeriksaan fisik serta riwayat medis secara menyeluruh. Beberapa bentuk pemeriksaan kondisi pecahnya ketuban prematur seperti pemeriksaan serviks (mungkin menunjukkan kebocoran cairan dari pembukaan serviks), Pengujian pH (asam atau basa) cairan ataupun mengamati cairan yang telah dikeringkan di bawah mikroskop .

Selain itu pemeriksaan dengan teknik pencitraan diagnostik yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi dan komputer untuk membuat gambar pembuluh darah, jaringan dan organ.

Penggunaan ultrasound dimungkinkan untuk melihat organ-organ internal saat mereka berfungsi, dan untuk menilai berapa banyak cairan disekitar bayi.

Bentuk pencegahan pecahnya ketuban secara dini ini belum ada yang pencegahan secara khusus namun kondisi ini memang memiliki hubungan yang kuat dengan merokok dan ibu harus berhenti merokok sesegera mungkin.

Penyebab Ketuban Pecah Secara Dini | DuniaKebidanan.com | 4.5