Loading...

Susah Hamil Karena Kista Ovarium

Susah Hamil Karena Kista OvariumMasalah Kista ovarium membuat seorang wanita kesulitan untuk hamil , terutama saat kista pada ovarium pecah ataupun ketika kista menimbulkan komplikasi lain yang berpengaruh negatif terhadap sistem reproduksi wanita.

Bagaimana kista pada ovarium bisa mempengaruhi seorang wanita sulit untuk hamil? Berikut ini adalah penjelasannya.

Kista pecah ovarium dapat menyebabkan masalah pada kehamilan ketika kista menjadi pecah sehingga merusak ovarium dan dengan demikian mustahil bagi wanita untuk dapat berovulasi yang pada gilirannya membuat tidak mungkin untuk bisa subur.

Loading...

Nah ketika wanita tidak bisa subur akibat kista ini maka sampai kapan pun wanita tidak bisa mendapatkan kehamilan mereka.

Namun pengeculian bisa hamil jika hanya satu ovarium saja yang dipengaruhi oleh pecahnya suatu kista ovarium tersebut. Namun, jika kista pada ovarium merusak kedua ovarium, ada kemungkinan bahwa wanita mungkin harus berurusan dengan infertilitas permanen seumur hidupnya.

Kista ovarium juga bisa menimbulkan beberapa komplikasi yang juga bisa mempengaruhi kemampuan seorang wanita untuk hamil.

Susah Hamil Karena Kista Ovarium

Komplikasi dari kista ovarium yang paling umum adalah infeksi, terutama ketika kista pecah. Komplikasi ini dapat mempengaruhi bagian lain dari rahim seperti pada lapisan endometrium sehingga mungkin saja akan menyebabkan masalah selama implantasi telur setelah pembuahan.

Komplikasi kista juga dapat menyebabkan jaringan parut di saluran tuba, rahim dan bagian lain dari sistem reproduksi yang memainkan peran penting untuk bisa hamil.

Dalam beberapa kasus kista yang sangat parah dan telah membesar baru terdeteksi, seseorang harus menjalani operasi. Nah, pengangkatan kista ini dapat menyebabkan kerusakan pada indung telur jika terjadi suatu kecelakaan selama operasi berlangsung. Dan hal ini besar kemungkinannya menyebabkan infertilitas permanen.

Pada pengangkatan kista pada ovarium yang telah parah terkadang pula diperlukan untuk mengangkat semua bagian lain dari sistem reproduksi wanita seperti rahim dan tuba untuk mencegah terulang pertumbuhan eberapa jenis kista, seperti kista coklat yang biasanya berhubungan dengan endometriosis.

Meskipun dimungkinkan kista ovarium menyebabkan masalah kehamilan, hal ini jarang terjadi. Selain itu, komplikasi di atas dapat dicegah, terutama dengan penggunaan metode alami. Hal ini juga memungkinkan untuk mencegah sebagian besar komplikasi yang menyebabkan infertilitas ketika kista terdeteksi dini.

Susah Hamil Karena Kista Ovarium | DuniaKebidanan.com | 4.5