Loading...

Dampak dan Bahaya Senam Kegel

DUNIAKEBIDANAN.COM – Senam kegel adalah senam yang pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Arnold Kegel. Dr. Arnold Kegel adalah seorang gynecologist yang memperkenalkan senanm ini pada tahun 1945.

Latihan senam ini merupakan rangkaian gerakan yang berfungsi untuk melatih otot dasar panggul berkali – kali (pelfic floor muscle) dengan tujuan meningkatkan kontraksi otot.

Dampak dan Bahaya Senam Kegel

Loading...

Senam kegel awalnya ditujukan untuk mengatasi inkotinensia atau ketidakmampuan untuk menahan pipis pada wanita. Ketidak mampuan menahan pipis ini bisa timbul paska persalinan atau sebab lainnya.

Aneka Manfaat Senam Kegel

Berbagai macam manfaat bisa diraih dengan menerapkan senam kegel ini. Terlebih lagi juka dilakukan pada kehamilan. Tidak hanya untuk membantu dalam menyembuhkan inkontinensia saja, senam kegel juga ternyata memberikan sejumlah dampak positif untuk:

  • Mempermudah proses persalinan. Sudah jelas dengan kita melakukan senam kegel maka otot panggul dari ibu akan lebih kuat dan terkendali. Ini dikarenakan otot panggul dari ibu sering dilatih dan dampaknya sangat baik dalam proses persalinan.
  • Mengurangi kemungkinan masalah inkontinensia paska kelahiran. Kebanyakn orang – orang akan mengalami masalah urinasi seperti inkontinensia paska kelahiran karena otot – otot panggul belum bisa dikendalikan secara maksimal. Dengan berlatih dengan metode senam kegel maka otot – otot panggul akan menjadi lebih terkendali dan akan terhindar dari masalah diatas.
  • Dapat mencegah robeknya perineum
  • Mengurangi resiko terkena ambeien (hemoroids)

Setelah mengetahui kelebihan dari senam kegel, ada baiknya kita langsung lompat ke tata cara melakukan senam kegel yang baik dan benar.

Silahkan diperhatikan dengan baik prosedur melakukan senam kegel yang baik dan benar sebagaimana kami lansir dari beberapa sumber di bawah ini:

  1. Pertama kita harus mengenali otot dasar panggul yang akan dilatih. Dapat dilakukan dengan cara menghentikan pipis saat sedang pipis, lalu dilanjutkan kembali. Atau dengan cara memasukkan jari ke liang vagina lalu lakukanlah gerakan menahan pipis, jika jari terasa terjepit maka itulah otot yang akan dilatih / digerakkan
  2. Setelah mengetahui otot mana yang akan digerakka, maka gerakkanlah otot tersebut selama 3 – 10 detik lalu silahkan lemaskan. Lakukanlah aktivitas itu berulang – ulang selama 10 hingga 20 kali atau kalau kuat bisa sampai terasa capek. Lakukanlah minimal 3 kali dalam sehari. Dapat dilakukan dimana saja saat sedang duduk. Bisa di mobil, kursi, kasur, dan lainnya.

Dampak Negatif dan Bahaya Senam Kegel

Sekarang kita kembali ke topik untuk mempertanyakan apakah ada bahaya atau dampak negatif dari senam kegel? Sebagaimana kita ketahui bahwa semua aktifitas pasti memiliki efek samping dan tugas kita adalah bagaimana untuk meminimalisir dari efek samping itu. Demikian juga untuk kegiatan senam kegel.

Dalam beberapa kasus, senam kegel memiliki bahaya tersendiri. Seperti pada pria yang menurut herballove.com, dia mengalami ejakulasi dini akibat melakukan senam kegel. Loh kok bisa?

Sejatinya, senam kegel itu bertujuan untuk mengatasi ejakulasi dini. Tetapi setelah diselidiki, ternyata dia melakukan senam kegel secara berlebihan yang pada akhirnya berdampak pada hal tersebut.

Pada kasus kedua yang diperoleh dari medhelp.org, setelah melakukan senam kegel ternyata di alat kelaminnya muncul urat yang berwarna ungu seperti varises.

Menurutnya, dia melakukan kegel juga seperti biasanya dan dengan frekuensi yang dianjurkan. Tetapi, ternyata setelah diperiksa, ia melakukan senam kegel dengan cara yang salah yang berakibat pada munculnya urat itu.

Kesimpulannya, senam kegel berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar. Karena itulah, ada baiknya jika berkonsultasi pada orang yang lebih ahli seperti dokter untuk bisa menjawab pertanyaan – pertanyaan yang ada di benak ibu atau siapapun itu. Karena kebenaran adalah suatu hal yang sangat penting agar tidak terjadi kesalahan – kesalahan yang bisa berakibat fatal.

Sekian artikel tentang senam kegel, manfaat, cara, dan bahayanya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Dampak dan Bahaya Senam Kegel | DuniaKebidanan.com | 4.5