Loading...

Tips Diet Ibu Menyusui Tanpa Mempengaruhi Kualitas ASI

DUNIAKEBIDANAN.COM – Pasca melahirkan biasanya ibu menyusui mencari cara untuk melakukan programd diet. Karena biasanya ibu-ibu kurang percaya diri dengan bentuk tubuhnya setelah melahirkan. Meskipun secara medis berat badan ibu akan kembali dengan sendirinya.

Tips Diet Ibu Menyusui Tanpa Mempengaruhi Kualitas ASI

Tips Diet Ibu Menyusui Tanpa Mempengaruhi Kualitas ASI

Melakukan diet saat menyususi boleh-boleh saja. Asalkan diet tersebut tidak mempengaruhi kualitas ASI Anda. Karena pada tahap ini si kecil masih memerlukan ASI yang bergizi. Nah berikut ini ada beberapa tips diet ibu menyusui;

Loading...

Diet Berdasarkan Saran Dari Dokter Ahli

Bagi Anda yang masih kurang pemahaman tentang diet, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan. Dengan begitu diet Anda akan lebih terkontrol dan aman sehingga ASI tetap sehat.

Selalu Jaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan merupakan hal yang nomor satu. Hal ini dikarenakan Anda sedang menyusui si kecil. Ingat, jika daya tahan tubuh menurun, maka resiko serangan penyakit lebih besar.

Penuhi Kecukupan Kalori

Selama diet harus memenuhi kalori sebanyak lima ratus kalori. Karena kalori ini bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa kekurangan kalori di dalam tubuh akan menyebabkan kelelahan. Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi kualitas dari ASI.

Konsumsi Beras Merah

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks sehingga bisa mencukupi kebutuhan kalori harian Anda. Karena saat menyusui, Anda akan cepat merasa lapar. Maka dari itu, mengkonsumsi beras merah sangat baik saat menjalani program diet.

Konsumsi Daging Sapi

Daging sapi mengandung lemak rendah. Makanan ini cocok bagi Anda yang sedang melakukan diet. Cara pengolahannya harus direbus atau dikukus. Tujuannya untuk mengurangi protein dan gizi lainnya menghilang.

Konsumsi Daging Ikan Lele

Ikan lele adalah sumber protein atau lebih dikenal dengan asam amino berupa Lisin. Manfaat asam amino tentunya sangat untuk pertumbuhan tulang. Dalam artian tulang si kecil akan tumbuh cepat, sempurna, dan sehat.

Konsumsi Sayur Bayam

Sayur bayam kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah kekurangan darah alias anemia. Maka dari itu, Anda sebaiknya mengkonsumsi sayur bayam selama proses menyusui.

Tips Diet Ibu Menyusui Tanpa Mempengaruhi Kualitas ASI | DuniaKebidanan.com | 4.5