Loading...

Perkembangan Janin Di Kehamilan 27 Minggu

DUNIAKEBIDANAN.COM – Kehamilan 27 minggu adalah tahap akhir atau trimester ketiga. Diusia kehamilan ini, biasanya ibu hamil tidak sabar menantikan kelahiran si buah hati. Selain itu, resiko keguguran juga semakin kecil. Karena janin didalam kandungan ini sudah menjadi lebih kuat.

Perkembangan Janin Di Kehamilan 27 Minggu

Perkembangan Janin Di Kehamilan 27 Minggu

Di usia 27 minggu kehamilan, si janin mengalami peningkatan berat sebesar 875 gram. Bahkan ukuran kepala sudah hampir sempurna yakni diameter 7 cm.

Loading...

Untuk pertumbuhan pada tahap ini, lebih memfokuskan penyempurnaan pada sistem indra. Bagian kelopak mata sudah mulai membuka dan menutup.

Saraf optiknya sudah berfungsi sehingga sangat sensitif pada cahaya terang dari luar kandungan. Disamping itu, kemampuan mendengarnya juga sudah mendekati sempurna.

Wajah si janin sudah terbentuk, seperti bulu mata, alis dan rambut. Penampilan kulit sudah semakin jelas dengan pertumbuhan jaringan otot.

Perkembangan otak si janin tumbuh dengan pesat pada usia ini. Mulai dari mengenali suara-suara dari dari orangtuanya.

Dengan perkembangan seperti ini, Anda harus menjaga kesehatan dan memenuhi asupan nutrisi harian. Caranya dengan memperbanyak konsumsi makanan bernutrisi dan berserat, seperti buah-buahan, sereal, biji-bijian serta sayuran. Makanan ini juga dapat mencegah timbulnya keluhan seputar sistem pencernaan seperti sembelit.

Gandum, barley, pisang, buah berry, kacang hijau, kacang polong, ubi rambat, kentang dan juga semua produk olahan dari gandum. Sedangkan untuk serat tak larut terdapat dalam tomat, kacang panjang, tepung padi, beras merah, sereal, kembang kol dan jagung.

Perkembangan Janin Di Kehamilan 27 Minggu | DuniaKebidanan.com | 4.5