Loading...

Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur

DUNIAKEBIDANAN.COM – Lahir prematur adalah hal yang harus diwaspadai setiap ibu hamil. Untuk mencegah masalah ini, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal. Misalnya menerapkan pola hidup yang sehat dan memenuhi asupan nutrisi dan rajin bergerak.

Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur

Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur

Nah untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut ini cara mencegah bayi lahir prematur;

Loading...

Menjaga Berat Badan Ideal

Anda harus bisa mengontrol berat badan selama kehamilan. Karena berat badan yang berlebih akan menyebabkan komplikasi pada kehamilan seperti lahir prematur. Jadi perhatikan pola hidup Anda dan lakukan olahraga ringan secara rutin.

Perhatikan Kebutuhan Nutrisi

Agar terhindar dari lahir prematur, maka Anda harus mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Misalnya kebutuhan asam folat untuk pertumbuhan si janin.

Cara mendapatkan dengan mengkonsumsi sayur, buah, daging tanpa lemak, ikan dan lain sebagainya.

Perbanyak Minum Air Putih

Selama kehamilan, pastikan Anda tidak mengalami dehidrasi. Minumlah air putih minimal 8 gelas perhari. Ingat, cairan yang tercukupi akan membuat tubuh sehat dan si janin terhindar dari kelahiran prematur.

Pola Hidup Sehat

Ibu hamil harus menghindari asap rokok dan minuman yang beralkohol. Hal ini dikarenakan kandungan zatnya yang sangat berbahaya sehingga bisa menimbulkan efek negatif terhadap si janin.

Periksakan Kandungan Secara Rutin

Melakukan konsultasi ke dokter kandungan secara rutin adalah cara terbaik agar si janin tetap sehat. Hal ini tujuannya untuk mencegah hal-hal buruk seperti lahir prematur.

Minum Susu Khusus Ibu Hamil

Minumlah susu sangat disarankan untuk ibu hamil. Hal ini dilakukan agar nutrisi harian selama hamil dapat terpenuhi. Pilihlah susu ibu hamil yang sudah terpercaya.

Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur | DuniaKebidanan.com | 4.5