Cara Melancarkan Haid Setelah Operasi Cesar

DUNIAKEBIDANAN.COM – Datangnya menstruasi setelah proses kelahiran apakah itu secara normal atau dengan cara caesar memang tidak bisa diperkirakan. Masalah ini karena ibu yang melahirkan memberikan ASI eksklusif pada bayi (menyusui secara penuh) sehingga menstruasi datangnya sangat terlambat dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui.

cara-melancarkan-haid-setelah-operasi-cesarBanyak dari wanita yang merasa was was jika sampai kebobolan (kehamilan yang tidak direncanakan) jika menstruasi tidak juga datang-datang. Sebetulnya inilah yang jarang diketahui oleh kebanyakan wanita jika memberikan ASI ekslusif kepada bayi selama 6 bulan pertama setelah melahirkan, maka Anda tidak akan mengalami menstruasi.

Read More

Bayi yang sedang menyusu, akan menekan hormon-hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Karena itu, selama ibu memberikan ASI ekslusif, secara otomatis ibu tersebut juga telah menggunakan suatu metode kontrasepsi yang dikenal sebagai metode amenore laktasi (MAL), sehingga kehamilan tidak akan terjadi lagi selama memberikan ASI ekslusif dan tidak mengalami haid.

MENARIK:  Anak Makan Sedikit Jadi Doyan Buah dan Sayur

Bila Ibu mulai memberikan makanan tambahan lain/susu formula sebagai pendamping ASI. Pemberian makanan lain itu akan mengurangi frekuensi isapan bayi pada payudara ibu, sehingga secara perlahan kesuburan ibu akan kembali, dan ibu akan mendapat haid kembali dan memiliki peluang untuk hamil kembali. Siklus haid juga akan kembali normal secara perlahan.

Jika ibu ingin menunda kehamilan, maka sebaiknya  ibu mulai mempertimbangkan untuk segera menggunakan kontrasepsi, tanpa perlu menunggu haid pertama. Siklus haid setelah melahirkan memang dapat kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda tidak menyusui kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

cara membuat vagina buatan dari balon,alat coli,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu,Vagina palsu