Cara Agar Cepat Melahirkan

DUNIAKEBIDANAN.COM – Menunggu kelahiran merupakan suatu perasaan khas yang dimiliki oleh perempuan. Telebih lagi jika usia kehamilan sudah tua atau mendekati tanggal perkiraan lahir. Rasa khawatir dan deg – degan pasti sudah jelas ada.

Sesungguhnya, ini merupakan suatu hal yang wajar dirasakan oleh calon ibu karena mereka menantikan suatu proses luar biasa yang dinamakan melahirkan. Kontraksi, rasa mulas, dan sakit secara bersamaan pasti menghantui benak para calon ibu. Namun, itu adalah suatu kodrat yang harus dijalani sebagai seorang wanita.

Cara Agar Cepat Melahirkan

Tetapi berbeda cerita jika ternyata kelahiran yang ditunggu – tunggu tidak kunjung menunjukkan tanda. Bahkan di usia kehamilan yang mencapai 36 minggu pun sepertinya tidak ada pertanda bahwa akan terjadi proses kelahiran. Maka calon ibu pasti langsung harap – harap cemas dalam menyikapinya.

Seperti yang kita tahu, bayi tidak boleh lebih dari 42 minggu berada di dalam rahim karena plasenta tidak dapat lagi memberikan makanan yang cukup untuk bayi setelah jangka waktu tersebut.

Menstimulasi Puting Payudara

Berbagai cara dapat dilakukan untuk dapat mempercepat proses kelahiran, salah satunya ialah dengan menstimulasi puting payudara.

Dengan menggunakan cara ini, maka hormon oksitosin yang mengontrol kontraksi pada rahim dan membantu kelancaran persalinan akan dihasilkan. Sesuai dengan penelitian, calon ibu yang melakukan stimulasi putting ini akan siap bersalin dalam waktu 72 jam.

MENARIK:  Bagaimana Mengetahui Bayi Sudah Cukup ASI?

Mempercepat Proses Persalinan

Cara melakukan stimulasi ini adalah dengan cara meletakkan telapak tangan di atas areola dan lakukanlah geran memutar yang lembut tapi kuat. Stimulasi ini dilakukan selama 15 menit untuk satu payudara dan setelah itu dilanjut dengan payudara sebelahnya dengan waktu yang sama.

Persalinan dengan Metode Induksi

Selain menggunakan metode ini, ada juga yang dinamakan dengan persalinan induksi. Biasanya ini adalah cara terakhir yang dilakukan oleh calon ibu dan persalinan ini dilakukan untuk bayi yang sudah dikandung lebih dari 41 minggu.

Persalinan dengan Metode Induksi

Selain itu, berdasarkan asianparent.com, persalinan dengan induksi juga dilakukan pada kondisi tertentu karena alasan medis seperti:

  • Bila ketuban sudah pecah sebelum waktunya namun persalinan belum juga dimulai
  • Bila ibu mengalami tekanan darah tinggi yang semakin memburuk
  • Bila ibu mengidap penyakit diabetes yang tidak dapat dikendalikan
  • Bila ada tanda-tanda pertumbuhan bayi yang kurang baik
  • Bila ada pertimbangan medis lainnya yang mengharuskan bayi segera dilahirkan.

Dan untuk proses mempercepat kelahiran dengan menggunakan metode induksi adalah sebagai berikut:

Mematangkan Mulut Rahim (Serviks)

Biasanya, mulut rahim mulai menjadi lembut, melebar, dan memendek sebelum persalinan dimulai. Proses ini disebut ripening atau pematangan mulut rahim. Namun bila proses ini belum terjadi, tim medis dapat menggunakan jel yang menggandung hormon prostagladin E2 dan dioleskan melalui vagina. Cara lain adalah menempatkan tabung karet yang ada balonnya pada serviks. Mematangkan serviks sangatlah penting sebelum melakukan induksi.

MENARIK:  Tanda-Tanda Persalinan Normal

Memecahkan Ketuban

Bila serviks sudah matang dan ketuban belum pecah, makan tim dokter akan memecahkan membran ketuban. Caranya sederhana, yaitu dengan memasukkan alat khusus melalui vagina, sehingga membran ketuban pecah. Pada umumnya bila serviks sudah matang, persalinan akan terjadi 12 jam setelah ketuban pecah.

Memulai Kontraksi Buatan

Untuk membuat kontraksi pada rahim, tim dokter akan memberikan obat yang disebut oxytocin. Obat ini akan membantu persalinan dengan induksi karena mirip dengan hormon alami yang memacu kontraksi. Oxytocin diberikan melalui infus dan dipantau dosisnya agar sesuai dengan kebutuhan.

Pada umumnya kontraksi akan mulai dirasakan dalam waktu 30 menit setelah infus ini. Bila setelah 6-8 jam belum juga ada kemajuan, berarti persalinan dengan induksi gagal, dan dokter kemungkinan akan mengambil tindakan caesar.

***

Itulah berbagai cara untuk mempercepat kelahiran yang mungkin berguna bagi para calon ibu. Mudah – mudahan dengan adanya artikel ini bisa mengurangi kegundahan calon ibu yaa. Semangat!

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

sd mulus,pepek anak kecil,alat coli,nyusuin suami,cara membuat vagina buatan,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu,Vagina palsu,pepek anak sd