Tips Gaya Hidup Wanita Hamil

Tips Gaya Hidup Wanita HamilJadikan kehamilan sebagai sesuatu yang menyenangkan. Pikirkan hadiah yang akan Anda peroleh di ujung kehamilan: seorang bayi. Di awal kehamilan, mungkin Anda sangat rewel. Apalagi jika itu kehamilan pertama. Biasanya memasuki kehamilan trimester kedua, perubahan tubuh sudah mulai bisa diadaptasi oleh ibu. Nafsu makan pun mulai membaik, karena mual-mual mulai hilang. Kondisi ini membuat kehamilan terasa sangat menyenangkan.

Lantaran perut belum terlalu membesar, Anda masih bisa duduk atau berbaring dalam posisi yang nyaman. Salah satu cara lain yang bisa dilakukan untuk menikmati kehamilan adalah dengan memantau perkembangan janin dalam perut. Saat duduk atau berbaring, misalnya, rabalah daerah sekitar perut. Usaplah penuh kasih. Ajaklah bayi Anda berkomunikasi. Hal ini bisa dilakukan pula oleh ayah. Menjalin keeratan dengan janin sekaligus memberi rasa nyaman pada ibu, adalah hal luar biasa. Ayah yang kooperatif, mempermudah ibu untuk berbagi perasaan. Baik itu perasaan senang karena akan memperoleh bayi, maupun rasa khawatir terhadap kehamilan dan kondisi bayinya.

MENARIK:  Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Haid

Perlu diketahui, pada trimester kedua, bayi Anda sudah mulai bergerak. Dimulai dengan gerakan-gerakan kecil dan halus, berlanjut dengan gerakan-gerakan seperti menendang, menggeliat, dan berputar. Semua ini akan semakin memudahkan Anda menjalani kehamilan. Kebersamaan suami sangat membantu istri untuk bisa menjalani kehamilan dengan tenang. Faktor dukungan ini secara psikis membantu istri untuk tetap kuat dan tak merasa sendirian. Lantaran itu, suami harus tetap meluangkan waktu untuk menemani istri, mengantarnya ke dokter sehingga tahu dengan persis perkembangan janin. Kemudian menemani istri yang mulai kesulitan tidur pada trimester ketiga, mengajak istri nonton film, membelikan atau menyiapkan makanan terbaik bagi istri dan janin.