Merawat Gigi dan Gusi Saat Hamil

Merawat Gigi dan Gusi Saat HamilSelama masa kehamilan, kesehatan gigi dan gusi harus selalu diperhatikan. Sebab perubahan aliran darah dan meningkatnya hormon yang terjadi ketika kehamilan sangat berpengaruh besar pada kesehatan gigi dan gusi, diantaranya bisa menyebabkan resiko terjadinya radang gusi dan karies gigi.

Jika Anda yang sedang hamil harus tahu bahwa dengan mempunyai infeksi di dalam mulut bisa menjadi ancaman bukan hanya untuk Anda, tetapi juga akan mengancam janin yang dikandung.

Read More

Dari Jurnal of Obstetric Gynecology tahun 2010 telah menyatakan bahwa ibu hamil yang gusinya terinfeksi bisa menularkan infeksi pada janin melalui peredaran darah plasenta. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk ibu hamil bisa melakukan perawatan dan pembersihan gigi dan gusi yaitu dengan selalu menyikat gigi 2-3 kali sehari.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk merawat gigi dan gusi selama masa kehamilan, diantaranya:

MENARIK:  Penyebab Perubahan Bentuk Kepala Bayi dengan Posisi Tidur

– Memasuki trimester pertama Anda sering kali merasakan morning sickness. Sebab rasa mual dan muntah yang dirasakan mengakibatkan Anda malas melalukan perawatan standar misalnya menyikat gigi. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah memakai pasta gigi yang aroma dan rasanya tidak terlalu tajam.

– Pakailah sikat gigi yang bulunya halus dan kepala sikat yang kecil untuk menghindari rasa mual dan ingin muntah ketika hendak menyikat gigi terutama gigi bagian belakang. Anda juga bisa memakai dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal diantara gigi.

– Sebaiknya tanyakan kepada dokter gigi bahwa Anda sedang hamil. Hal tersebut sangat penting sebab ada beberapa tindakan yang tidak boleh dilakukan pada masa kehamilan trimester pertama dan ketiga. Hindari juga pemeriksaan
rontgen pada trimester tersebut. Tetapi, jika situasi mendesak boleh dilakukan dengan syarat Anda harus terlindungi dalam pemakaian apron.

– Selain itu, tanyakan juga pada dokter gigi yang akan memeriksa Anda nama semua obat yang sedang Anda konsumsi, termasuk vitamin yang diberikan oleh dokter kandungan.

MENARIK:  Keputihan Implantasi Janin

– Memenuhi kebutuhan kalsium pada masa hamil sesuai dengan yang disarankan oleh dokter. Kalsium diperlukan juga dalam perkembangan gigi pada janin sejak trimester pertama.

– Sebaiknya Anda harus perbanyak dalam mengkonsumsi sayuran dan buah yang berserat yang mengandung vitamin C dan B12 karena diketahui sangat baik untuk gusi.

– Mengurangi makanan yang manis dan asam sebab akan menyebabkan kerusakan pada gigi.

– Jika ingin memakai obat kumur, sebaiknya periksa dulu label pada kemasan tentang kontra indikasi pada ibu hamil. Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pap pepek,keluar di mulut,alat coli,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu