Penyebab Infeksi dan Penyumbatan Tuba Fallopi

Penyebab Infeksi dan Penyumbatan Tuba FallopiInfeksi tuba fallopi atau peradangan pada tabung fallopi ini umumnya disebabkan karena adanya pertumbuhan bakteri berbahaya di saluran tuba fallopi ini.

Peradangan pada tabung fallopi ini tentu saja akan menimbulkan masalah ketidak nyamanan dan merupakan gangguan reproduksi seorang wanita yang ingin merencanakan kehamilan mereka.

Read More

Seperti kita ketahui bahwa dalam sistem reproduksi wanita, ada dua saluran tuba yaitu saluran telur dan salpinges yang merupakan tabung sangat halus yang dilapisi dengan epitel bersilia.

Tuba falopi merupakan saluran penghubung antara ovarium ke rahim ( saluran yang akan dilalui ovum). Dalam arti bahwa tabung fallopi ini memainkan peran penting selama pembuahan.

Namun pada kondisi tertentu saluran tuba juga dapat terinfeksi karena berbagai alasan. Infeksi pada tuba fallopi (salpingitis) atau penyakit radang panggul yang merupakan salah satu penyebab paling umum dari ketidaksuburan pada wanita.

Dalam ilmu kedokteran infeksi tuba fallopi ini dibagi menjadi dua jenis infeksi, tergantung pada tingkat keparahan gejala yaitu salpingitis akut dan kronis.

Pada infeksi akut tuba fallopi, saluran tuba menjadi bengkak dan meradang dengan mengeluarkan cairan dan terkadang dipenuhi oleh nanah sehingga menymbat tuba fallopi. Dalam kasus yang sangat jarang, tabung dapat pecah dan menyebabkan infeksi yang berbahaya yang disebut peritonitis dalam rongga perut.

MENARIK:  Bagaimana Proses Tumbuh Kembang Anak

Pada peradangan kronis tuba fallopi mungkin berlangsung dalam waktu yang sangat lama dengan gejala yang lebih ringan daripada gejala salpingitis akut dan hampir tidak terdeteksi.

Dan untuk penyebab Infeksi tuba Fallopi (salpingitis) dan bagaimana gejalanya dapat kita lihat sepeprti dibawah ini.

Penyebab Infeksi tuba Fallopi

Penyebab paling umum dari infeksi adalah pertumbuhan dan penyebaran bakteri berbahaya seperti Streptococcus, Staphylococcus dan Mycoplasma yang tahap awalnya umumnya terbentuk di vagina dan perlahan-lahan menyebar ke atas menuju tuba falopi melalui pembuluh limfatik.

Penyebab utama lainnya dari infeksi tuba fallopi ini adalah karena kontraksi penyakit menular intimual (PMS) seperti klamidia, gonore, dll. Komplikasi penyebabran infeksi ini termasuk pada kejadian kehamilan ektopik, dimana infeksi yang bisa menyebar ke organ terdekat seperti indung telur dan rahim.

Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut di saluran tuba sehingga memblokir tabung sepenuhnya. Pembentukan nanah dalam ovarium juga dapat menyebabkan komplikasi seperti produksi ovum yang cacat sehingga menyebabkan infertilitas.

Gejala Infeksi tuba fallopi

Pada infeksi tuba fallopi yang masih ringan, gejala sebagian besar tidak dirasakan. Pada gejala yang infeksi yang terlihat terkadang mirip dengan gonore (penyakit menular intimual). Dan berikut adalah beberapa gejala infeksi di saluran tuba fallopi ini:

• Adanya cairan abnormal yang keluar dari vagina baik dari segi warna maupun bau
• Mengalami ketidaknyamanan dan rasa sakit selama hubungan intimual
• Sering buang air kecil
• Perasaan gelisah, mual dan muntah
• Demam dan sakit kepala parah
• Bercak antara periode
• Nyeri saat menstruasi
• Sakit perut parah di kedua sisi, terutama di daerah perut bagian bawah
• Nyeri saat ovulasi
• Nyeri punggung bawah

Pengobatan Peradangan Tuba Fallopi

MENARIK:  Risiko Kanker Payudara di Masa Dewasa

Metode Pengobatan Peradangan Tuba Fallopi tergantung pada tingkat keparahan dan penyebab gejala. Dan dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi dan membunuh bakteri.

Dalam kasus yang parah peradangan tuba fallopi, pasien mungkin harus menjalani operasi untuk membersihkan penyumbatan tuba fallopi dan menghapus bagian-bagian yang terinfeksi untuk menghambat penyebaran infeksi.

Dalam rangka untuk mencegah infeksi pada saluran telur dan organ lain dari sistem reproduksi, mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah terjadinya PMS. Dan konsultasikan kedokter kandungan anda secepatnya jika anda melihat ada kelainan atau gejala ringan yang mungkin anda perhatikan karena infeksi tuba fallopi.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

alat coli,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu,Vagina palsu,pepek anak sd