Jauhi Mamografi Sebelum Menstruasi

Jauhi Mamografi Sebelum MenstruasiKetika Anda mengetahui kanker sejak awal sangat berpeluang besar untuk kesembuhan, termasuk kanker payudara. Inilah mengapa untuk deteksi dini kanker payudara sangat disarankan, apalagi untuk mereka yang telah berisiko tinggi.

Salah satu cara yang paling baik untuk mengetahui kanker payudara adalah mamografi. Namun, beberapa orang telah berangggapan jika melakukan mamografi merupakan suatu siksaan. Payudara yang ditekan akan mengakibatkan rasa nyeri sehingga mereka biasanya takut bahkan tak mau untuk melakukannya lagi.

Read More

Padahal, rekomendasi para pakar telah mengatakan bahwa mamografi harus dilakukan secara rutin. Selang setahun untuk yang baru pertama kali melakukan, dan dua tahun sekali setelah dua kali pemeriksaan dinyatakan negatif.

Alfiah Amiruddin yang merupakan dokter spesialis bedah konsultan payudara telah mengatakan, ketika menjalani pemeriksaan mamografi, memang benar akan terjadi penekanan pada payudara. Tetapi, kalau dilakukan di saat yang tepat, rasa nyeri bisa saja dihindari.

MENARIK:  Ketahuilah Masa Subur Anda Setelah Menstruasi

“Jika timingnya tepat, mamografi tidak akan mengakibatkan rasa nyeri. Timing yang tepat itu bukan satu minggu sebelum menstruasi,” katanya baru-baru ini di Jakarta.

Ia menjelaskan, satu minggu sebelum mendapat haid, hormon di dalam tubuh sedang mengalami kenaikan, sehingga saluran-saluran dan kelenjar-kelenjar susu akan membesar. Ketika hormon mengalami peningkatan, maka akan terjadi retensi cairan yang membuat kulit akan meregang. Nah, inilah yang sebenarnya mengakibatkan rasa sakit.

“Dengan memaksa untuk menekan payudara yang sedang penuh dengan cairan tentu saja akan mengakibatkan rasa sakit. Ini sangat buruk saat mengakibatkan trauma dan menyarankan orang lain untuk tidak melakukan suatu mamografi sebab takut sakit,” ujar dokter dari RS Mitra Kemayoran ini.

Oleh sebab itu, Alfiah menghimbau agar supaya mamografi bisa dilaksanakan sekitar satu minggu setelah menstruasi. Pada saat itu, hormon sudah turun dan cairan pada payudara sudah berkurang jauh. Sehingga lebih terasa nyaman ditekan ketika menjalani suatu pemeriksaan.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

keluar di mulut,pap pepek,alat coli,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu