Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat HamilMasa kehamilan merupakan masa yang membahagiakan untuk para wanita. Menunggu sang janin tumbuh hari demi hari yang membuat calon ibu tak sabar melihat seperti apa wajah sang bayi ketika sudah tiba untuk melahirkan.

Tetapi dari semua kebahagiaan itu, kadang juga calon ibu merasa khawatir mengenaai rambut yang rontok parah pada kehamilan mereka.

Read More

Jika Anda telah mengalami hal tersebut, Anda tidak sendirian. Ada jutaan wanita yang sedang hamil juga merasakan masalah yang sama dengan Anda.

Kerontokan rambut ini sangatlah bervariasi, ada yang masih dalam batas normal (tidak lebih dari 100 helai perhari), sampai ada yang sudah terlalu parah. Sebenarnya apa yang mengakibatkan rambut rontok pada masa kehamilan?

Pengaruh Hormon Saat Kehamilan dalam Melindungi Bayi

Dr. Schwartz dalam situs Newsmaxhealth.com telah menjelaskan bahwa penyebab yang paling utama yaitu adanya pengaruh perubahan yang terjadi pada hormon selama masa-masa kehamilan.

MENARIK:  Radang Panggul Timbulkan Infertilitas

“Keseimbangan hormon Anda bergerak secara drastis dan hormon tersebut akan dipakai sangat banyak dalam pertumbuhan janin. Ketika bayi sudah lahir, hormon tersebut akan kembali normal dalam melindungi Anda, para ibu,” demikian yang ditulis Dr. Schwartz.

Tetap Rontok Pasca Melahirkan

Tetapi terkadang, rambut masih terlihat rontok setelah beberapa bulan pasca melahirkan. Dr. Schwartz telah menjelaskan bahwa hal ini lebih mungkin diakibatkan oleh stres. Wanita yang baru saja melahirkan sering berada dalam keadaan lelah, bangun tengah malam, kurang tidur dan stres sebab ada tugas baru sebagai ibu.

Adanya pengaruh stres inilah yang pada akhirnya akan merusak kesehatan rambut dan menimbulkan rambut rontok. Tetapi Anda bisa mencegah kerontokan rambut tersebut dengan beberapa cara di bawah ini, diantaranya:

Menggunakan Tonik Alami

Tonik merupakan cara yang sangat ampuh dalam memperkuat akar rambut, baik hal tersebut di masa kehamilan atau setelah melahirkan. Akan lebih bagus jika tonik ini berbahan dasar alami atau Anda buat sendiri. Anda bisa menggunakan minyak kemiri, oleskan di kulit kepala, biarkan selama 1 jam, kemudian keramas seperti biasa.

MENARIK:  Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Haid

Perhatikan Nutrisi

Selain untuk janin, Anda harus memastikan jika tubuh Anda sendiri tidak akan kehilangan nutrisi. Pastikan Anda untuk selalu mengonsumsi buah segar, ikan laut, daging, ayam dan sayuran hijau yang mempunyai kandungan vitamin yang banyak.

Minum Minuman Vitamin

Kalau kerontokan rambut Anda sudah sangat parah, Anda bisa tanyakan pada dokter. Pada umumnya, dokter akan memberikan vitamin khusus yang bisa Anda minum secara rutin. Pastikan Anda tidak minum dengan sembarang obat ketika sedang mengandung.

Semoga cara ini bisa membuat rambut Anda tetap kuat dan bersemangat menikmati masa kehamilan.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

alat coli,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu,Vagina palsu,pepek anak sd