Ketahuilah Masa Subur Anda Setelah Menstruasi

Ketahuilah Masa Subur Anda Setelah MenstruasiMasa subur wanita setelah melewati haid atau menstruasi bisa diketahui dengan menggunakan perhitungan yang sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri, untuk mendukung terjadinya proses kehamilan.

Yang dimaksud dengan menstruasi adalah suatu proses yang melepaskan lapisan dinding rahim yang diketahui telah banyak mengandung pembuluh darah (endometrium) dan dikeluarkan melalui vagina.

Read More

Pada lapisan tersebut, sebenarnya terbentuk sebagai persiapan jika sel telur telah dibuahi oleh sel sperma. Tetapi jika tidak dibuahi, biasanya jaringan ini akan terlepas atau biasa dikenal sebagai darah menstruasi.

Siklus menstruasi yang teratur akan terjadi antara 28 hingga 30 hari dengan lama keluar darahnya antara 3 sampai 7 hari pada setiap bulan. Dengan siklus menstruasi yang normal dan teratur akan menjadi kunci yang sangat penting dan mempermudah untuk menghitung masa subur pada seorang wanita.

Contoh Perhitungan Masa Subur Setelah Menstruasi (Haid)

1. Wanita dengan Siklus Normal dan Teratur

MENARIK:  Sebelum Mulai Menyusui Pertamakali

Saat menghitung masa subur sangat mudah diketahui dari siklus menstruasi normal, yaitu antara 28 hingga 30 hari. Pada hari pertama siklus menstruasi dihitung sebagai hari ke-1. Dan masa suburnya adalah pada hari ke-12 sampai hari ke-16 dalam satu siklus menstruasi. Misalnya apabila awal haid seorang wanita jatuh pada tanggal 9 Januari. Maka tanggal tersebut dikenal sebagai hari ke-1. Sedangkan masa subur jatuh pada hari ke-12 jatuh (tanggal 20 Januari) sampai dengan hari ke-16 (tanggal 24 Januari).

2. Perhitungan Masa Subur, Wanita dengan Siklus Menstruasi tidak Teratur

Pada tahap menstruasi yang tidak teratur dikenal dengan pertama haid yang maju atau mundur sehingga tidak bisa dipastikan. Hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan dan cara untuk mengetahui masa subur seorang wanita setelah menstruasi.

Adapun cara penghitungannya yaitu dengan menjumlah lama satu siklus haid yang dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini sampai hari pertama haid di bulan berikutnya. Sebaiknya catat jumlah hari tersebut 6 bulan. Dalam menentukan hari pertama masa subur, jumlah siklus menstruasi dari yang terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Sedangkan hari terakhir masa subur adalah jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

keluar di mulut,pap pepek,alat coli,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu