5 Langkah Memeriksa Payudara Sendiri

5 Langkah Memeriksa Payudara SendiriDengan memeriksa sendiri secara teratur keadaan dari payudara Anda (self breast examination) bisa secara efektif dalam mengurangi risiko timbulnya kanker payudara tanpa Anda sadari. Setiap wanita yang berusia di atas 20 tahun sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan.

Berikut ini ada lima langkah praktis untuk memeriksa sendiri payudara Anda, diantaranya:

Read More

Langkah 1:

Dengan berdiri di depan cermin dan bahu tegak serta tangan lurus di samping pinggang. Setelah itu lihat kedua payudara Anda:

Apakah ukuran, bentuk dan warnanya seperti biasa?
Apakah ada distorsi bentuk atau terjadi pembengkakan?

Periksakan diri Anda ke dokter jika mendapatkan perubahan berikut pada payudara Anda

Lekukan, kerutan atau tonjolan di kulit
Puting susu berubah posisi atau masuk ke dalam
Warna kemerahan, pucat, meradang atau membengkak

Langkah 2:

Dengan mengangkat kedua tangan Anda dan lihat apakah ada perubahan yang sama.

Langkah 3:

Tekan dengan lembut puting susu Anda dengan menggunakan jari dan ibu jari. Kemudian lihat apakah ada benda cair yang keluar.

MENARIK:  Risiko Kanker Payudara di Masa Dewasa

Langkah 4:

Kemudian, sambil tidur berbaring, rasakan kedua payudara Anda dengan meraba payudara kanan dengan menggunakan tangan kiri, dan payudara kiri dengan tangan kanan. Setelah itu, tekan secara mantap tapi lembut dengan jari-jari yang rata dan saling merapat.

Lakukan dengan perabaan dari atas ke bawah, sisi ke sisi dari dada bagian atas sampai ke perut bagian atas dan dari ketiak sampai lekukan tengah di antara kedua payudara.

Mengikuti satu pola untuk memastikan seluruh daerah payudara Anda terperiksa. Anda bisa memulainya dari puting susu, kemudian melingkar melebar seperti contohnya obat nyamuk ke bagian luar payudara. Anda juga bisa memperoleh pola seperti orang mengepel lantai, dari atas ke bawah atau kiri ke kanan dengan tarikan lurus-lurus. Mulailah dengan rabaan lembut, kemudian tekan lebih keras pada bagian yang harus diperiksa jaringannya sampai ke dalam.

Langkah 5:

Pada langkah terakhir ini, rasakan payudara Anda saat duduk dan berdiri. Sebagian wanita yang merasa lebih peka saat payudara mereka basah dan licin. Anda bisa mencoba untuk melakukannya jika sedang mandi. Lakukan gerakan yang sama dengan langkah 4.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

keluar di mulut,pap pepek,alat coli,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu