Rasa Sakit Di Perut Sebelah Kanan Bawah Pertanda Awal Kehamilan

DUNIAKEBIDANAN.COM – Rasa sakit pada bagian perut tentu memiliki penyebab tersendiri. Sebelum membahas masalah rasa sakit pada perut tanda awal kehamilan, kita ketahui dulu bahwa perut dapat dipisahkan menjadi empat kuadaran, kanan dan kiri atas, kanan dan kiri bawah. Rasa sakit sebelah kanan perut wanita, dapat disebabkan oleh beberapa penyebab.

rasa-sakit-di-perut-sebelah-kanan-bawah-pertanda-awal-kehamilanMencari penyebab masalah sakit perut belum bisa ditentukan sebelum dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Penyebab timbulnya rasa sakit pada perut sebelah kanan bawah pada wanita bisa jadi karena radang otot yang diabaikan atau infeksi pada salah satu organ yang ada di rongga perut. Masalah ini sebaiknya jangan dianggap remeh karena memiliki implikasi mengancam kehidupan.

Berikut adalah beberapa alasan umum yang timbul yang menyebabkan nyeri perut kanan bawah pada wanita:

Sembelit

Sembelit bisa menyebabkan nyeri perut kanan bawah karena buang air besar terganggu. Beberapa kasus sembelit dapat diatasi dengan perubahan pola makan dengan memasukkan makanan serat tinggi. Asupan cairan yang banyak juga dapat membantu mengurangi sembelit. Anda dapat menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter untuk membantu mengatasi masalah sembelit.

Usus buntu

Tanda-tanda pertama usus buntu, muncul rasa nyeri ringan di sekitar umbilikus dan pusar kemudian nyeri berkembang ke sisi kanan bawah perut. Gejala tambahan seperti demam tinggi, muntah dan nafsu makan berkurang akan menyertai kondisi ini yang merupakan keadaan medis darurat.

Kanker usus

Kasus kanker usus adalah tipe kanker yang jarang, hanya sebagian besar terjadi pada orang tua. Gejalanya perubahan kebiasaan buang air besar, kehilangan berat badan, dan kehilangan nafsu makan.

MENARIK:  Peran Ganda Perempuan

Kehamilan ektopik

Sebuah konsepsi yang abnormal dapat terjadi di mana embrio tertanam di tuba bukannya di rahim. Kondisi ini ditandai dengan sakit parah diikuti dengan pendarahan pada organ intim wanita. Hernia di sisi kanan dapat memicu nyeri perut kanan bawah jika tonjolan terjadi pada dinding lambung sisi kanan. Gejalanya pembengkakan perut, obstruksi usus, perut kembung dan muntah.

Endometriosis

Nyeri perut juga bisa disebabkan oleh adanya jaringan rahim di luar rahim. Pertumbuhan jaringan tersebut dapat di kiri atau di kanan tuba, bagian pertama dari usus besar atau di ovarium. Bagi mereka yang menderita kondisi ini, menstruasi dapat memicu sakit parah di daerah perut bagian bawah. Sebuah pembengkakan ringan juga dapat muncul.

Batu Ginjal

Kondisi ini dapat menyebabkan sakit luar biasa pada perut sebelah kanan bawah ketika batu berada di ginjal atau saluran kencing. Rasa sakit dapat menyebar ke daerah pinggang, terutama ketika mau buang air kecil.

Penyakit inflamasi panggul

Hal ini terjadi pada wanita ketika rahim dimiringkan ke kanan. Hal ini dapat memicu nyeri perut terus-menerus, terutama setelah pada posisi sempit selama berjam-jam. Demam ringan, keputihan, dan nyeri selama hubungan seksual juga dapat terjadi sebagai akibatnya.

Mesenteric Limfadenitis

Ini adalah kejadian yang sering terjadi pada anak-anak. Rasa sakit di perut biasanya diikuti dengan pembengkakan pada kelenjar leher dan gejala flu. Rasa sakit dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Gejala ini juga mencakup rasa sakit di perut kanan bawah.

MENARIK:  Pertolongan Pertama Saat Kehamilan

Salpingitis

Hal ini terjadi pada wanita yang aktif secara seksual dengan berganti-ganti pasangan. Ketika tube terinfeksi, nyeri mungkin terjadi pada sisi yang terinfeksi sehingga menyebabkan keputihan diikuti demam dan nyeri selama hubungan seksual.

Ulcerative Colitis

Ini adalah penyakit yang menyerang usus besar. Gejalanya muncul dalam jangka waktu lama. Beberapa gejalanya seperti penurunan berat badan, darah dalam tinja, nyeri perut sebelah kanan bawah, dan bisul di sekitar anus.

Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah

Ketika terjadi sakit perut, penting untuk memantau tingkat keparahan, perubahan intensitas nyeri, dan durasi nyeri. Setiap pola siklus rasa sakit harus diamati dan dicatat. Apakah tindakan tertentu seperti konsumsi makanan, bersin, duduk untuk waktu yang lama, atau fungsi usus yang menyebabkan rasa sakit juga harus diamati. Sebuah penjelasan yang baik ke dokter akan membantu membuat diagnosa yang tepat atau untuk meresepkan tes yang tepat.

Tergantung pada prognosis dari kondisi, berbagai obat resep akan diberikan. Hal ini juga mungkin bahwa gaya hidup tertentu dan perubahan pola makan disarankan untuk kondisi tertentu seperti sembelit dan batu ginjal. Dalam skenario kasus terburuk, intervensi bedah mungkin diperlukan untuk memperbaiki gangguan atau menghapus bagian tertentu dari tubuh yang telah terinfeksi, pecah, atau membutuhkan operasi pengangkatan.

Jadi intinya timbulnya rasa sakit pada bagian perut sebelah kanan bawah pada wanita jangan langsung disimpulkan bahwa itu tanda terjadi kehamilan. Ada baiknya ada periksakan pada dokter yang menangani masalah kandungan. Semoga bermanfaat.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

alat coli,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu,Vagina palsu,pepek anak sd