Bagaimana Tumbuh kembang Bayi Bulan Ketiga

Ini sering menjadi titik peralihan ajaib dalam perkembangan bayi. Sesuatu terjadi dalam sistem saraf bayi yang tampaknya menggantikan kebutuhannya menangis. Bayi memperoleh kemampuan berinteraksi dengan dunia dengan cara lain. Pentingnya tahap pencapaian ini ditekankan oleh fakta bahwa inilah usia ketika anak-anak, yang dipelihara dalam institusi dan tanpa mendapatkan rangsangan yang memadai, mulai memperlihatkan tanda-tanda kehilangan sesuatu.

Komunikasi.

Read More

Bayi berusia 3 bulan mulai meraih segala sesuatu dengan kedua tangannya dan bukannya menangis lagi. Seluruh tubuhnya mungkin ikut merasakan kegembiraan karena melihat orang tertawa; bayi ini mungkin mendekut, menendang, dan meraih semuanya sekaligus. Bayi pada usia ini mungkin merengek pada waktu lapar, dan tidak lagi menangis, dan mungkin bahkan sanggup menunggu selama beberapa menit. Kemampuan menunggu untuk mendapatkan ganjaran/imbalan ini merupakan tahap penting, yang memperlihatkan tingkat pengertian dan kepercayaan yang belum terlihat pada bayi yang lebih muda.

Minum susu.

Minum susu juga akan menjadi saat yang menyenangkan. Sampai sekarang, minum susu merupakan waktu yang paling dapat dipahami, dan bayi mungkin memindahkan mulutnya dari puting susu ibunya untuk mengamati apa yang sedang terjadi di ruangan itu. Banyak orang tua mulai ingin tahu dalam bulan ketiga ini kapan memberikan makanan yang lebih keras. The American Academy of Pediatrics menganjurkan untuk menunda pemberian makanan keras sampai suatu saat antara bulan keempat dan keenam. Bagi seorang bayi, makanan keras dianggap sebagai sesuatu yang diberikan dengan sendok termasuk semua makanan bayi yang dihancurkan Esereal, buah-buahan, daging, atau sayuran Eyang dapat dibeli dalam botol atau disiapkan dengan menggunakan blender. Karena bayi memakannya dengan sendok, memakan makanan ini membutuhkan tingkat koordinasi saraf tertentu, suatu tingkat yang oleh beberapa bayi telah dilalui pada usia tiga bulan. Sejauh ini, sebagian besar masih pada tahap menyedot dan sama sekali tidak tahu bagaimana menggunakan lidahnya guna menelan makanan dari sendok. Sayangnya, pengenalan makanan keras sering ditanggapi dengan salah oleh orang tua sebagai sejenis tahap utama dalam perkembangan, dan persaingan pada orang tua mungkin tumbuh dalam hal bayi siapa yang makan makanan keras terlebih dahulu. Jenis persaingan ini sebenarnya hanya untuk menguntungkan orang tua, bukan anak itu sendiri, dan sebaiknya dihindari.

MENARIK:  Semangka: Makanan Sehat untuk Diet

Makanan keras sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam botol, karena makanan ini dapat menyebabkan bayi tersedak. Pun tidak boleh makanan keras dicampur dengan susu, karena hal ini akan menaikkan jumlah kalori dan mungkin akan menjadi titik awal kegemukan di kemudian hari. Langkah terbaik ialah menunggu sampai bayinya siap menelan makanan dari sendok.

Kemajuan fisik.

Bayi rata-rata mungkin sanggup mengangkat kepalanya agak lama, dan tentu saja sanggup menahannya beberapa saat tanpa jatuh. Ia mungkin juga sanggup membantu mempertahankan bentuk tubuhnya waktu sedang duduk. Bayi berusia tiga bulan biasanya dapat mengikuti benda dengan matanya dalam lingkaran penuh 180 derajat. Bermain. Pada bulan ketiga, bayi normal mungkin menghabiskan waktu lebih lama untuk berbaring di atas punggungnya, bermain dengan jari atau mobil yang digantung di atas tempat tidurnya. Bayi dapat menangkap satu tangan dengan yang lainnya dan bermain dengan tangannya seolah-olah tangannya itu mainan. Bayi mulai mengerti bahwa tangan merupakan perpanjangan tubuhnya.

Tidur.

Pada bulan ketiga, seorang bayi akan terjaga lebih lama sepanjang hari, dengan beberapa kali tidur siang. Tidur pada malam hari biasanya berlangsung selama 10 hingga 11 jam, walaupun bayi ini mungkin masih membutuhkan menyusu pada malam hari. Siklus tidur bayi konsisten dengan karakternya: Seorang bayi yang aktif dan ribut mungkin akan tidur dengan aktif dan ribut. Tidur bayi juga tampaknya berlangsung dalam siklus, dengan masa tidur pulas berubah-ubah dengan masa tidur setengah pulas. Dan selama ini, bayi mungkin akan menangis, mengisap jarinya, menggoyang-goyang dan memukulkan kepalanya, bergerak kesana-kemari, dan tertidur lagi. Tidak perlu menanggapi semua suara ini. Paling sering bayi tidak benar-benar terbangun dan mulai tidur lagi tanpa bantuan orang lain.

MENARIK:  Gejala-gejala Sindrom Klimakterik

Manja.

Beberapa anak tampaknya menangis hanya agar orang tuanya mendekat, dan orang tua harus memutuskan apakah menurutinya atau tidak. Anak yang “manja” bukan anak nakal, pun orang tuanya bukan orang tua yang buruk. Anak itu telah belajar sebelumnya bagaimana memanipulasi lingkungannya agar memuaskan keinginannya, dan menangis merupakan senjata utamanya. Orang tua tergerak menanggapi tangisan ini karena merasa bersalah, cinta, atau takut melukai bayi tersebut. Karena tuntutan anak akan semakin sulit dipenuhi, rasa bersalah orang tua dan amarahnya akan makin tinggi. Beberapa dokter anak berpendapat agar bayi tidak dimanja dengan digendong setiap kali ia menangis. Yang lain merasa ini hanyalah berlaku pada tiga bulan pertama. Yang lain lagi merasa bahwa orang tua yang selalu memberi respon terhadap tangisan bayinya tidak akan berubah setelah tiga bulan, sehingga lebih baik memberikan batas waktu hingga kapan perilaku ini akan berlanjut. Tidak seorang dokter pun menganjurkan meninggalkan bayi menangis tanpa diberi perhatian, tetapi begitu orang tua yakin bahwa tak ada yang salah, mungkin lebih baik membiarkan anak itu menangis untuk sementara. Dot mungkin membantu; banyak bayi yang tidak membutuhkan makanan akhirnya tenang dengan mengisap dot. Tapi banyak pula pendapat yang tidak menyetujui pemberian dot ini. Orang tua. Selama bulan ketiga, beberapa ayah mungkin tampaknya kehilangan minat akan hal-hal intim perkembangan bayi dan capai karena isterinya sama sekali tersita perhatiannya dengan bayinya. Ini tidak akan mungkin terjadi kalau sang ayah terlibat dengan perkembangan bayi hingga pada usia ini

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pap pepek,keluar di mulut,alat coli,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu